Dewan Pers

Dark/Light Mode

Rayakan Ulang Tahun ke 50, Barahmus Gelar Seminar Internasional

Jumat, 13 Agustus 2021 21:35 WIB
Ist
Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka hari ulang tahun ke 50th, Barahmus (Badan Musyawarah Musea) DIY menggelar rangkaian Festival Museum Yogyakarta 2021 salah satunya seminar internasional.

Seminar yang diselenggarakan pada 12 Agustus 2021, menghadirkan para narasumber dari berbagai museum di dunia seperti Carol Cains dari National Gallery of Australia di Canberra, Yilan Wang dari National Silk Museum China, Francine Brinkgreve dari Museum Volkenkunde Belanda dan Ruth Barnes dari Yale University Art Gallery Amerika.

Berita Terkait : Jelang HUT RI Ke-76, BTN Bakal Gelar Pameran Virtual KPR Merdeka

Mewakili museum di Indonesia, hadir Dahlia Kusuma Dewi, Kepala UPT Museum Konperensi Asia-Afrika; Sri Hartini, Direktur Museum Perkebunan Indonesia; dan Cyntia Handy, Direktur Museum Gubug Wayang sebagai narasumber dalam seminar yang dibuka oleh Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kemendikbud Ristek ini. Seminar dipandu oleh moderator Daniel Haryodiningrat dari Barahmus DIY.

Seminar online yang diikuti secara antusias oleh lebih dari 700 peserta pecinta museum di berbagai kota di Indonesia ini juga sempat mengungkap kemungkinan-kemungkinan untuk mengembangkan kerjasama baru.

Berita Terkait : Perjalanan 10 Tahun tiket.com Mendigitalisasi Sektor Pariwisata di Indonesia

“Di sini saya berharap dapat mengembangkan kerjasama baru dan sharing mengenai sebagian kecil dari koleksi Indonesia di Galeri Nasional Australia dengan Anda hari ini’ kata Carol Cains dalam keterangan tertulisnya pada media.

"Festival ini berisi rangkaian kegiatan webinar, pameran, penerbitan buku yang akan berlangsung sampai tanggal 12 Oktober 2021 yang bertepatan dengan Hari Museum Indonesia." kata GKR Bendara, ketua panitia Festival Museum Yogyakarta 2021. (ARM)