Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sediakan Layanan Kapal

Pelindo Sinergikan Bisnis Anak Usaha

Minggu, 12 September 2021 08:57 WIB
Direktur Utama IPCM, Amri Yusuf dan Direktur Utama Pelindo Marines, Umar melakukan penandatanganan MoU penyediaan atau pelayanan kapal di Kantor Pusat Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. (Foto: Istimewa).
Direktur Utama IPCM, Amri Yusuf dan Direktur Utama Pelindo Marines, Umar melakukan penandatanganan MoU penyediaan atau pelayanan kapal di Kantor Pusat Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua perusahaan pelat merah, yakni PT Pelabuhan Indonesia/ Pelindo III (Persero) dan PT Pelindo II (Persero) mensinergikan anak usahanya, yakni PT Pelindo Marine Service (Pe­lindo Marines) dan PT Jasa Ar­mada Indonesia Tbk (IPCM), untuk kegiatan penyediaan atau pelayanan kapal.

Direktur Utama Pelindo Marines Umar mengatakan, kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) yang memiliki ruang lingkup meliputi inventarisasi terhadap potensi yang dimiliki oleh masing-masing pihak.

“Kerja sama ini akan meningkatkan kolaborasi kompetensi dan tukar pengalaman masing-masing,” ujar Umar melalui siaran pers, Jumat (10/9).

Baca juga : BSI Fasilitasi Layanan Perbankan Syariah UNS

Selama ini, pihaknya sebagai anak usaha Pelindo III bergerak di bidang pelayanan penundaan kapal, operator kapal pandu, dan fasilitas peme­liharaan dan perbaikan kapal.

Dengan jenis pelayanan yang beragam itu, perseroan tak hanya beroperasi di wilayah kerja Pelindo III, namun saat ini mulai perluasan pasar hingga ke Sangatta, perairan Madura, dan perairan internasional Selat Malaka.

Ia berharap, sinergi ini dapat meningkatkan perluasan pasar bersama dengan efisien. Serta memberikan nilai tambah pada pelayanan ke pengguna jasa marine.

Baca juga : Telkom Sediakan Layanan TV Digital Di Freeport

Karenanya, untuk menindaklanjuti kerja sama ini, keduanya akan mempersiapkan perangkat-perangkat hukum yang diperlukan. Sehingga, setiap langkah dalam proses sinergi ini berjalan sesuai kepatuhan pada regulasi terkait dan prinsip Tata Kelola Peru­sahaan Yang Baik (GCG/Good Corporate Governance).

“Kami akan memberi dukungan penuh pada kerja sama ini. Dan ke depannya diharapkan dapat memperkuat dan meningkatkan nilai tambah di bidang logistik maritim Indonesia,” ungkapnya.

Direktur Utama Jasa Armada Indonesia Amri Yusuf menerangkan, pihaknya akan segera melakukan sejumlah kajian yang berkaitan dengan kerja sama. Baik dari aspek finansial, teknis, komersial, hukum dan aspek lainnya.

Baca juga : Meriahkan Harpelnas 2021, DatascripMall.ID Berikan Diskon Hingga 90 Persen

“Secara teknis implementasi kerja sama ini akan mengambil beberapa bentuk, seperti knowledge sharing, layanan kapal dan perluasan pasar,” katanya.

Dengan begitu, keduanya bisa memberikan kontribusi pelayanan kapal yang lebih optimal. Sebab, IPCM dan Pelindo Marines sebagai anak usaha BUMN bergerak di area bisnis yang sama sehingga akan memiliki sinergi yang saling melengkapi.

“Sinergi yang kami bangun adalah prinsip tumbuh ber­sama menjadi bagian untuk mewujudkan dan memperkuat ekosistem logistik nasional,” pungkasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.