Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mulai Besok, KA Bandara YAI Beroperasi Komersial

Kamis, 16 September 2021 17:31 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah melakukan uji coba secara gratis bagi masyarakat sejak 1 September lalu, mulai besok Jumat (17/9), kereta api (KA) bandara Yogyakarta International Airport (YIA) sudah bisa dipergunakan bagi masyarakat umum dengan tarif tiket Rp 20 ribu.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri menuturkan, dengan beroperasinya KA Bandara YIA ini, masyarakat dapat menempuh waktu lebih cepat ke bandara tersebut, yaitu sekitar 40 menit dari Yogyakarta.

Baca juga : BNI Securities Pte. Ltd. Resmi Beroperasi Di Singapura

"Lebih cepat dari waktu rata-rata 1,5 jam bila menggunakan kendaraan mobil atau moda transportasi lainnya," ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (16/9). KA Bandara YIA memiliki rute, yakni Rp10 ribu untuk rute Yogyakarta – Wates dan Rp 20 ribu untuk rute Wates – Bandara YIA.

Sementara itu untuk jadwal perjalanan masih sama dengan periode uji coba yakni sebanyak 8 kali perjalanan perhari. Rinciannya, 4 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta dan 4 perjalanan dari Bandara YIA.

Baca juga : Menkumham Ingin Bangun Birokrasi Berkelas Dunia

Masyarakat dapat membeli tiket KA bandara ini melalui aplikasi KAI Access atau ke loket pembelian langsung di Stasiun Yogyakarta, Wates, dan Stasiun KA Bandara YIA. Zulfikri mengatakan, operasional ini diberlakukan setelah melalui serangkaian uji coba baik statis maupun dinamis yang dilakukan oleh Ditjen Perkeretaapian, serta uji coba langsung kepada masyarakat sejak 1 sampai 16 September 2021 dengan gratis.

"Ternyata antusiasmenya cukup tinggi, dengan jumlah penumpang hingga tanggal 13 September mencapai 3.646 orang. Saya berharap kedepannya masyarakat Yogya dapat terus memanfaatkan KA Bandara YIA untuk mobilitas dari dan ke Bandara serta untuk kegiatan harian lainnya.” tandas Zulfikri.

Baca juga : Menpora: Olahraga Memperkuat Karakter Bangsa Dan Mempererat Persatuan

Di satu sisi, setelah penurunan ke level-3 PPKM di Yogyakarta, terjadi peningkatan jumlah penerbangan di Bandara YIA tercatat sebanyak 25 kali penerbangan per hari dengan jumlah penumpang mencapai 3.500 orang per hari.

Zulfikri menyatakan, KA Bandara YIA ini dapat memberikan kemudahan aksesibilitas dan konektivitas antar moda, sehingga diharapkan mampu mendorong masyarakat menggunakan transportasi umum, khususnya kereta api. [EFI]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.