Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BGR Logistics Dorong Ekosistem Digital Lewat Aplikasi Warung Pangan

Sabtu, 18 September 2021 23:20 WIB
Warung Pangan. (Foto: ist)
Warung Pangan. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - BGR Logistics berupaya membentuk ekosistem digital sektor pangan melalui aplikasi Warung Pangan yang kini tak hanya memasarkan produk-produk BUMN tetapi juga produk milik swasta. 

Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo mengatakan, pihaknya ingin menghadirkan kemudahan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok. Di antaranya, kerja sama distribusi pangan melalui mitra ritel online, seperti aplikasi Warung Pangan. 

Untuk itu, perseroan baru saja melaksanakan MoU pemasaran produk beras Rania dari Rajawali Nusindo RNI Group, pemasaran produk Nusa Kita dari PTPN III, produk Panganesia dari PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI yang akan dilakukan penjualannya melalui aplikasi Warung Pangan. 

Selain itu, pihaknya juga kerja sama dengan Tani Hub Group terkait pemasaran produk fresh food melalui Aplikasi Warung Pangan ke Industri Hotel Resturant Catering (HORECA).

Baca juga : Mendag: Kinerja Ekspor Kita Luar Biasa Menyenangkan

Bahkan, pihaknya juga menggandeng IHC Pertamedika dalam kegiatan suplai pangan di rumah sakit binaan, Garuda Daya Pratama Sejahtera (GDPS) mengenai pengolahan limbah, integrated security management, preventif coating untuk gudang-gudang. Hingga, penyediaan bahan baku makanan untuk catering yang terafiliasi dengan Garuda dan penyediaan canvasser. 

"Aplikasi warung pangan telah menjual berbagai jenis produk pangan dari BUMN Klaster Pangan dan supplier lokal. Termasuk produk minuman dalam bentuk sachet seperti warung pada umumnya, token listrik dan pulsa," ujarnya melalui siaran pers, Sabtu (18/9).

Tidak hanya itu, kerja sama juga dilakukan dengan Koperasi Pemasaran Relawan Mandiri Indonesia (KRMI) untuk membantu memasarkan produk-produk UMKM seperti gula aren, kerja sama Warung Tegal Kharisma Bahari dengan memasok bahan komoditi untuk warung makan binaan. Serta, kerja sama dengan PT Sugih Langgeng Bersama dalam bentuk penyediaan canvasser dan maintain komunitas warung pangan.

"Saat ini, ada lebih dari 47 ribu warung UMKM telah teregister di Aplikasi Warung Pangan (WP) yang terhubung dengan puluhan pemasok atau supplier yang terdiri dari pengusaha UMKM, koperasi dan beberapa perusahaan," jelasnya. 

Baca juga : Ahok Apresiasi Implementasi Digitalisasi Di WK Rokan

Ia menuturkan, untuk mencapai target 60 ribu mitra warung pangan di akhir tahun 2021, pihaknya telah menyediakan beberapa fasilitas seperti Cold Storage untuk mendukung penyediaan bahan baku pangan seperti fresh food dan frozen food. 

Ia menjelaskan, fasilitas ini merupakan ruang pendingin berukuran 850 meter persegi (m2) terdiri dari lima Cold Room berukuran 6 m x 13 m, satu Ante Room berukuran 30 x 4.5, dan Compressor Area 13 x 4.4, untuk untuk mengatur temparatur dari -16 sampai -20 derajat celcius. 

Selain itu, ada juga fasilitas layanan Mobile Cold Storage yang merupakan ruang pendingin portable dan upgradable hingga 1.000 ton, dan dibangun di luas lahan 5.000 m2 dengan konstruksi rigid pavement K400. Di mana, fasilitas ini menggunakan material konstruksi Mufler Steinless Steel (MGSS) didesain untuk outdoor dengan standar kualitas tinggi. 

“Semua fasilitas pendingin ini untuk meningkatan kualitas dan penguatan pelayanan dalam bidang komoditi pangan," akunya. 

Baca juga : Sistem Aplikasi KEK Dorong Pengusaha Tanamkan Modal

Dengan begitu, para mitra yang memasarkan produknya melalui aplikasi Warung Pangan bisa makin efisien dan berkesinambungan karena turut didukung layanan Trans log. Yaitu, jasa transportasi darat Hub to Hub dari Jakarta ke Surabaya dan dari Jakarta ke Medan untuk mendukung keberlanjutan pasokan dari supplier ke warung pangan. 

"Dengan semua ini, diharapkan bisa membentuk ekosistem digital baru di sektor pangan melalui Warung Pangan," tandasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.