Dark/Light Mode

Mendag: Kinerja Ekspor Kita Luar Biasa Menyenangkan

Rabu, 15 September 2021 22:52 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. (Foto: Ist)
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi membocorkan kinerja ekspor impor. Data yang ia miliki, kinerja ekspor impor di bulan Agustus luar biasa menyenangkan.

"Saya sebenarnya sudah mendapatkan data dari bulan Agustus tahun ini. Yang angkanya luar biasa, sangat menyenangkan. Tetapi kita coba dengan Januari-Juli pada 2021. Untuk angka pastinya akan diumumkan Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini," ungkapnya dalam webinar UOB Economic Outlook 2022, Rabu (15/9).

Baca juga : Sandiaga Siapkan Akomodasi Buat Nakes Luar Jawa Dan Bali

Catatan Lutfi, ekspor nonmigas Januari-Juli 2021 tumbuh luar biasa. Yakni melesat 33,94 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Tepatnya, dari 85,43 miliar dolar AS menjadi 113,77 miliar dolar AS.

Kenapa bisa terjadi? Eks duta besar RI untuk Jepang itu mengatakan, melesatnya kinerja ekspor impor dikarenakan adanya supercycle daripada harga komoditas barang yang sangat tinggi.

Baca juga : Alhamdulillah, Ekspor Pertanian Agustus 2021 Meningkat

Di sisi lain, angka impor nonmigas pada Januari hingga Juli 2021 juga tumbuh 30,46 persen. Detailnya, dari 81,37 miliar dolar AS menjadi 106,15 miliar dolar AS. Kata Lutfi, angka tersebut menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah sangat baik.

Untuk impor Januari sampai Juli 2021, tercatat 90 persen dihasilkan dari bahan baku dan barang modal untuk industri. Artinya impor Indonesia sangat berkualitas.

Baca juga : Universitas Pancasila Mengukuhkan Tiga Guru Besar

"Sebanyak 90 persen dari impor kita itu adalah bahan baku, bahan penolong dan juga barang modal. Hanya 10 persen impor kita adalah barang konsumsi. Jadi jika kita melihat dengan impor yang berkualitas maka sebenarnya bahan baku, barang penolong kita itu untuk industrialisasi," pungkasnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.