Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pasokan Setrum Berlimpah

PLN Siap Suplai Listrik Ke Pabrik Baterai EV 

Senin, 20 September 2021 20:05 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) siap menjamin keandalan pasokan daya listrik kepada PT HKML Battery Indonesia, pabrik baterai kendaraan listrik (electrical vehicle/EV) pertama di Asia Tenggara, yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Executive Vice President (EVP) Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Agung Murdifi mengatakan, saat ini pasokan listrik di sistem Jawa Bali melimpah sehingga bisa dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis dan industri, salah satunya industri baterai.

"Cadangan listrik sistem Jawa dan Bali saat ini sebesar 12 GW (gigawatt) atau 50 persen dari kapasitas pembangkit. Jadi, kami optimistis dapat memenuhi kebutuhan listrik untuk industri, apalagi khususnya industri baterai," ujarnya, Senin (20/9). 

Baca juga : Dubes Umar Hadi Terima Hadiah Mobil Listrik Dari Hyundai

Saat ini, pihaknya terus aktif melakukan komunikasi dengan calon pelanggan terkait rencana Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan KNIC.

"Intinya kami pastikan, PLN siap. Bagi industri yang ingin lebih efisien, pakai saja listrik PLN. Anda fokus bisnisnya, biar kami urus listriknya. Sudah banyak bukti industri yang tadinya mengoperasikan sumber listrik sendiri sekarang beralih ke PLN karena lebih andal dan efisien," bebernya. 

Ia pun menjelaskan, kebutuhan listrik di Karawang New Industry City (KNIC) dan HKML Baterai Indonesia dilakukan melalui dua tahap. Yakni, tahap pertama sebesar 20,7 MegaVolt Ampere (MVA) dan 27,7 MVA. Sedangkan pada tahap kedua sebesar 110 MVA.

Baca juga : Menteri Bahlil: RI Siap Produksi Mobil Listrik Mei 2022

"Untuk memastikan pasokan listrik aman, kami sedang mempersiapkan Gardu Induk (GI) Mekarsari berkapasitas 4x60 MVA, GI Transheksa 2x60 MVA dan Gardu Induk di dalam Kawasan Industri KNIC," ungkapnya. 

Karenanya, perseroan siap menyediakan pasokan daya listrik yang berkelanjutan, aman, dan andal sesuai dengan timeline dan kebutuhan investasi bagi Kawasan Industri KNIC pada umumnya dan HKML Battery Indonesia pada khususnya. 

"Kami juga memiliki berbagai jenis layanan yang memiliki tingkat keandalan sesuai kebutuhan pelanggan dengan harga bersaing, termasuk listrik premium," pungkasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.