Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

DPR: Amankan Ketersediaan Dan Distribusi Vaksin Di Luar Jawa-Bali

Rabu, 4 Agustus 2021 16:08 WIB
Anggota Komisi IX DPR Elva Hartati. (Foto: Ist)
Anggota Komisi IX DPR Elva Hartati. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi IX DPR Elva Hartati mengingatkan pemerintah memperhatikan ketersediaan dan distribusi vaksin Covid-19 di daerah luar Pulau Jawa dan Bali. Pasalnya sukses tidaknya program vaksinasi nasional, tergantung pada dua hal tersebut.

Menurut Elva, program vaksinasi Covid-19 nasional sebetulnya sudah cukup baik. Hanya saja menurutnya, tingkat ketersediaan dan distribusi vaksinnya hanya terfokus pada Pulau Jawa dan Bali.

Baca juga : Cek Di Sini, Daftar Kabupaten/Kota Di Luar Jawa Bali Yang Masuk Level 3

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Bengkulu ini memaparkan, masyarakat di luar Pulau Jawa dan Bali juga butuh di vaksinasi. Sehingga ketersediaan vaksin dan distribusi vaksin Covid-19 di daerah juga perlu diperhatikan.

"Apalagi Menteri Kesehatan sendiri mengumumkan bahwasanya konfirmasi kasus positif Covid-19 luar Jawa dan Bali juga mulai menanjak meskipun tak setinggi Jawa dan Bali," ungkap Elva dalam keterangannya, Rabu (4/8).

Baca juga : Awalnya Dibanggain Jadinya Diketawain

Politisi PDI Perjuangan ini mengingatkan, vaksinasi Covid-19 adalah program nasional. Sehingga idealnya fokus vaksinasi bukan cuma di daerah-daerah tertentu saja.

"Kalau ingin mensukseskan vaksinasi secara nasional, ketersediaan dan distribusi vaksin harus merata hingga ke pelosok daerah. Jangan hanya fokus di wilayah tertentu," ujarnya.

Baca juga : Menko Airlangga Sebut Warga Luar Jawa-Bali Belum Patuh Prokes

Kepada masyarakat, Elva menyerukan disiplin protokol kesehatan (prokes) dimulai dari lingkup terkecil atau dari diri sendiri. Karena sebelum herd immunity atau kekebalan massal terbentuk, prokes adalah cara yang paling ampuh mencegah dari paparan Covid-19.

"Prokes adalah yang senjata yang paling ampuh. Mulai dari rajin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas. Ini harus kita mulai dari diri sendiri," pungkasnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.