Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wow, Pengguna PeduliLindungi Di Bandara AP II Bisa Tembus 1 Juta

Selasa, 21 September 2021 22:38 WIB
Petugas bandara tengah mengecek penumpang pesawat dalam menggunakan QR Code PeduliLindungi.
Petugas bandara tengah mengecek penumpang pesawat dalam menggunakan QR Code PeduliLindungi.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero), mendukung penuh penggunaan aplikasi PeduliLindungi di bandara yang dikelola perseroan. 

Sejak 1 Agustus - 19 September 2021, aplikasi PeduliLindungi sudah digunakan sekitar 1 juta kali oleh penumpang pesawat untuk memproses penerbangan, baik keberangkatan dan kedatangan.

“Jumlah terbesar penggunaan aplikasi PeduliLindungi ada di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 600.000 kali pada periode tersebut,” ungkap President Director of AP II, Muhammad Awaluddin, Selasa (21/9). 

Ia menjelaskan, aplikasi PeduliLindungi memuat dokumen kesehatan pengguna, baik kartu vaksinasi dan hasil tes Covid-19 yang menjadi persyaratan terbang di tengah pandemi Covid-19. 

Baca juga : Erick Tinjau Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi Di Pelabuhan Ketapang Dan Gilimanuk

Di bandara AP II, calon penumpang pesawat memproses keberangkatan dengan menunjukkan QR Code PeduliLindungi kepada personel KKP Kemenkes dan di konter check-in untuk memastikan persyaratan dokumen kesehatan terpenuhi.  

Ia memastikan, bahwa proses aplikasi ini menghilangkan potensi pemalsuan dokumen kesehatan. 

“Selain digunakan untuk memproses keberangkatan penerbangan, aplikasi PeduliLindungi juga digunakan untuk memproses kedatangan di bandara AP II, di mana penumpang pesawat harus menunjukkan QR Code eHAC yang ada di aplikasi PeduliLindungi,” terangnya. 

Dalam aplikasi ini, AP II menyiapkan fasilitas pendukung aplikasi PeduliLindungi yang sesuai dengan karakteristik dan desain bangunan masing-masing bandara AP II. 

Baca juga : Buruh Minta Pemerintah Lindungi Industri Tembakau

Di Bandara Sultan Thaha, Jambi, disiapkan autogate yang dapat terbuka jika calon penumpang pesawat menunjukkan QR Code PeduliLindungi. 

“Sementara di Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu terdapat cukup banyak mesin yang dapat digunakan calon penumpang pesawat untuk memastikan dokumen kesehatan di PeduliLindungi sudah memenuhi syarat sehingga bisa langsung menuju konter check-in untuk verifikasi,” jelasnya. 

Adapun di bandara-bandara AP II juga masih bertugas personel Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) untuk memberikan asistensi dan melakukan verifikasi dokumen kesehatan apabila ada calon penumpang pesawat yang mengalami suatu isu terkait penggunaan aplikasi PeduliLindungi. 

Setiap harinya, AP II memonitor langsung jumlah calon penumpang pesawat yang menggunakan PeduliLindungi, termasuk jumlah validasi digital yang berhasil dilakukan untuk memproses keberangkatan. 

Baca juga : Ngebuntutin Aceh, Kematian Harian Di Jakarta Tembus 5 Besar

Kedatangan internasional

Selain itu, aplikasi ini juga berlaku bagi penumpang dari luar negeri yang mendarat harus mengisi formulir eHAC Internasional yang terdapat di aplikasi PeduliLindungi. 

Sementara itu, berdasarkan Keputusan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13/2021 saat ini ditetapkan untuk kedatangan penumpang pesawat dari luar negeri ke Indonesia hanya dilakukan melalui dua bandara, salah satunya adalah Bandara Soekarno-Hatta. 

Adapun di Bandara Soekarno-Hatta, eHAC Internasional yang terdapat di aplikasi PeduliLindungi milik penumpang pesawat akan diverifikasi oleh personel KKP Kemenkes. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.