Dewan Pers

Dark/Light Mode

Telkom Percepat Pulihkan Layanan Kabel Laut JaSuKa

Kamis, 23 September 2021 12:48 WIB
Markas TelkomGroup  di Landmark Tower, Jakarta.
Markas TelkomGroup di Landmark Tower, Jakarta.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berupaya meningkatkan kualitas layanan sehubungan dengan adanya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa ruas Batam - Pontianak pada, Minggu (19/9). 

Upaya ini antara lain dengan peningkatan kapasitas jaringan melalui pengaktifan jalur back up dan alternatif, khususnya untuk jalur komunikasi ke wilayah tertentu, seperti Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Berita Terkait : Di KPK, Anies Pamer Keberhasilan Tangani Pandemi Di Jakarta

“Upaya-upaya yang kami lakukan untuk peningkatan kualitas layanan antara lain dengan melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam. Di samping itu, juga melakukan penambahan kapasitas link untuk beberapa destinasi yang masih menunjukkan occupancy tinggi," kata Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono dikutip Kamis (23/9)

Sementara itu, untuk perbaikan kabel laut, Telkom akan segera melakukan penyambungan kabel laut yang didahului berbagai persiapan, seperti penyiapan cableship yang akan dioperasikan menuju titik gangguan untuk melakukan penyambungan, penyiapan peralatan, dan kelengkapan yang diperlukan serta yang tak kalah penting adalah pengajuan perizinan untuk pengerjaan perbaikan tersebut. 

Berita Terkait : KPK Perpanjang Penahanan Bupati Probolinggo Dan Suaminya

Adapun diperkirakan proses perbaikan kabel laut yang terganggu akan berlangsung sekitar sebulan. 

Lebih lanjut Pujo menjelaskan, bahwa sehubungan dengan proses peningkatan kualitas layanan yang bertahap, maka tak menutup kemungkinan adanya sistem prioritas seperti untuk kebutuhan video conference bagi masyarakat yang Work From Home (WFH) dan Learn From Home (LFH). 

Berita Terkait : KPK Telisik Dugaan Pengurangan Pajak Jhonlin Baratama

“Kami tetap mengutamakan aplikasi video conference untuk WFH dan LFH mengingat saat ini kebutuhan untuk pendidikan sedang menjadi prioritas,”ujarnya.

Pujo pun mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan pelanggan yang selalu setia menggunakan layanan TelkomGroup, serta seluruh pihak yang mendukung proses peningkatan kualitas layanan ini. "Semoga layanan Telkom dapat memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan,"tutup Pujo. [MFA]