Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Pelatigan Barista

PTC Semangati Penyandang Disabilitas Berwirausaha

Senin, 27 September 2021 20:55 WIB
Direktur Utama PTC Teuku Mirasfi memberikan sambutan pada kegiatan seri Pelatihan Kewirausahaan Sosial Barista yang diikuti oleh penyandang disabilitas yang merupakan kerja sama PTC dengan Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun di Kopi Inspirasi, Jakarta pada Sabtu (18/9). (Foto: Dok. PTC)
Direktur Utama PTC Teuku Mirasfi memberikan sambutan pada kegiatan seri Pelatihan Kewirausahaan Sosial Barista yang diikuti oleh penyandang disabilitas yang merupakan kerja sama PTC dengan Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun di Kopi Inspirasi, Jakarta pada Sabtu (18/9). (Foto: Dok. PTC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi selama 1 tahun belakangan ini sangat berdampak terhadap berbagai sektor terutama sektor ekonomi. Dampak pandemi sangat terasa bagi para pengusaha kecil maupun kelompok masyarakat rentan yang pendapatannya berkurang akibat sulit mencari nafkah di tengah berbagai restriksi yang diterapkan.

Melihat fenomena ini dan sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, PT Pertamina Training & Consulting (PTC) mengadakan serangkaian kegiatan pelatihan barista bermitra dengan Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM).

Tujuan pelatihan tersebut untuk meningkatkan kemampuan serta semangat masyarakat menjadi wirausaha khususnya di bidang kopi yang sudah diadakan sejak 23 Agustus hingga 10 September yang lalu secara daring dengan jumlah pendaftar kurang lebih 13.621 orang.

Baca juga : DKI Pastikan Sisir Sekolah Yang Jadi Klaster Corona

Melalui pelatihan tersebut, terpilih 3 peserta dari kategori penyandang disabilitas tunadaksa dan tunanetra sebagian untuk mendapatkan pelatihan secara tatap muka yang bertempat di Kopi Inspirasi, Jakarta Selatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pada 18 September 2021.

Pelatihan ini dibimbing oleh para pelatih handal yaitu Humam Hasan selaku Head Barista dari Kopi Inspirasi, Ponco Sunarto sebagai Barista di Kopi Inspirasi dibantu oleh 3 asisten pelatih yaitu Faradhila, Ezra Ollyn, dan Fransischa Nathalia. Turut hadir dalam pelatihan Teuku Mirasfi selaku Direktur Utama PTC dan Chrisbiantoro selaku Ketua Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM).

Dalam kesempatan pelatihan barista secara luring tersebut, Teuku Mirasfi menyampaikan tujuan pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PTC merupakan capacity building awal dari wawasan untuk memulai usaha kopi.

Baca juga : Telkom Percepat Pulihkan Layanan Kabel Laut JaSuKa

“Kami akan melihat penerapan dan bimbingan pelatihan ini secara kontinu untuk memberikan kontribusi sesuai komitmen kami dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan terhadap masyarakat khususnya disabilitas,” ujarnya.

Peserta mendapatkan berbagai macam pelatihan teknik dalam membuat beberapa macam jenis kopi. Pelatihan diawali oleh pengenalan dua jenis biji kopi yaitu Arabika dan Robusta serta teknik cupping. Lalu diajarkan untuk membuat base espresso menggunakan mokapot. Selain itu, peserta turut mendapatkan kesempatan dalam menggunakan berbagai macam alat manual seperti V60, French-press, Vietnam-drip, dan Tubruk.

Tidak hanya penggunaan alat manual, namun peserta juga diberikan kesempatan untuk mencoba langsung membuat espresso menggunakan mesin. Terakhir, para pelatih memberikan berbagai tips dan trik membuat menu kopi dan kopi botolan bagi para peserta.

Baca juga : PGN Gelar Tes Pasar Gaskita Program Sayang Ibu

Dengan diadakannya pelatihan ini, PTC berharap peserta mendapatkan manfaat dan menjadi wadah bagi para peserta untuk meningkatkan peluangnya dalam mendapatkan pekerjaan yang dapat berkontribusi terhadap pemulihan roda kegiatan ekonomi Indonesia serta mewujudkan semangat SDGs sebagai inspirasi dalam menjangkau lebih banyak lagi penerima manfaat di kedepannya. [EFI] 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.