Dark/Light Mode

Kinclong Selama Pandemi

BGR Logistics Sabet Predikat Kinerja Sangat Bagus BUMN Pergudangan

Rabu, 29 September 2021 10:21 WIB
Truk milik BGR Logistics. (Foto: ist)
Truk milik BGR Logistics. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics memperoleh predikat kinerja “sangat bagus” kesatu dengan skor 93,54 untuk rating BUMN jasa pergudangan di ajang “Rating BUMN & Rating Industri Keuangan dan Perbankan Syariah 2021” oleh majalah Infobank.

Adapun predikat yang dicapai itu, tak terlepas atas kinerja perusahaan periode 2020 yang mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19, dengan menjaga eksistensi bisnis dan masih bisa mencapai target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2020. 

Perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp 1,1 triliun dengan laba bersih tahun berjalan Rp 75 miliar di 2020. Selain itu, kinerja positif lainnya yakni tumbuhnya aktiva sebesar 3,75 persen, ekuitas sebesar 5,00 persen, pertumbuhan laba sebesar 5,00 persen dengan total bobot pertumbuhan sebesar 18,75 persen. 

Baca juga : BGR Logistic Hadirkan Fitur Baru Pada Aplikasi Warung Pangan

Bahkan, Infobank juga mencatatkan perbaikan solvabilitas di tengah pandemi. Seperti yang dialami BGR Logistics dari semula 158,25 persen menjadi 33,49 persen. 

Direktur Utama BGR Logistics M Kuncoro Wibowo mengatakan, pandemi Covid-19 membuat seluruh sektor bisnis di Indonesia terdampak dan tidak terkecuali sektor logistik. Sehingga, tidak sedikit sektor usaha yang merugi dan tidak sedikit juga perusahaan maupun bisnis yang terpaksa tutup karena sudah tidak mampu lagi menjalankan bisnisnya karena kondisi ini. 

Karenanya, hal ini merupakan tantangan besar bagi perusahaan untuk dapat menjaga eksistensi bisnis dan tetap bertahan di masa pandemi Covid-19. "Bukan hal mudah karena pembatasan-pembatasan serta banyak sekali kebijakan Pemerintah untuk menanggulangi pandemi Covid-19 ini berdampak bagi para pelaku usaha di Indonesia, termasuk BGR Logistics," ujarnya, Rabu (29/9). 

Baca juga : Plate Ajak Masyarakat Biasakan Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Menurutnya, perseroan telah memulai transformasi bisnis sejak akhir 2018, khususnya terkait digitalisasi bisnis proses di internal sehingga bisa bertahan terhadap kondisi ini. "Karena kami di sektor jasa logistik maka penting sekali untuk tetap dapat memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan secara realtime dan tepat. Hal itu dapat dilakukan berkat digitalisasi," ungkapnya. 

Saat ini, pergerakan barang di gudang maupun di saat perjalanan dari hulu sampai hilir dapat termonitor dengan baik. 

Selain itu, pihaknya juga sudah memulai inovasi bisnis baru, yaitu aplikasi “Warung Pangan” yang di inisiasi Kementerian BUMN dan Kementerian Koperasi Dan UKM untuk membantu para UMKM bertahan di tengah pandemi Covid-19 yang nantinya juga mendukung Ketahanan Pangan di Indonesia. 

Baca juga : Sertifikat Vaksin Syarat Warga DKI Beraktivitas

Dari sisi internal, perbaikan-perbaikan dan transformasi juga dilakukan untuk mendukung bisnis perseroan, seperti pembenahan dan digitalisasi sistem administrasi, keuangan, dan tata Kelola Perusahaan, urusan kepegawaian, peningkatan kompetensi karyawan, serta pendukung bisnis lainnya.

"Semua itu membuat BGR Logistics dipercaya pelanggan sehingga eksistensi bisnis dapat dijaga dan akhirnya berdampak positif bagi kinerja kami di tahun berjalan," tutup Kuncoro. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.