Dark/Light Mode

SYL: Kalau Nyari Jagung 7.000 Ton Ke Supermarket, Ya Nggak Bakalan Ada

Rabu, 29 September 2021 16:44 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (tengah) dalam acara panen jagung nusantara di Desa Banjarsari, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (29/9). (Foto: Kementan)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (tengah) dalam acara panen jagung nusantara di Desa Banjarsari, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (29/9). (Foto: Kementan)

 Sebelumnya 
SYL menegaskan, pihaknya terus menggenjot produksi jagung. Terutama, untuk mencukupi kebutuhan pakan ternak secara nasional. Ia meminta semua pihak, termasuk perusahaan pakan, untuk melakukan penyerapan jagung dari petani lokal secara maksimal.

Terpenting, penanganan pasca panen yang optimal. Supaya jagung petani dapat terserap dengan harga yang bagus. Penanganan pasca panen pun penting, agar petani cepat melakukan penanaman kembali.

"Lahan tidak boleh kita biarkan menganggur. Lahan jagung justru harus semakin bertambah. Produktivitasnya pun harus terus naik," tutur SYL.

Ia pun meminta dana KUR dioptimalkan. Agar usaha pertanian, khususnya jagung terus berjalan semakin maju.

Baca juga : Ersa Mayori, Ke Supermarket Serasa Liburan

"Kebijakan Bapak Presiden menyediakan KUR sangat bagus. Untuk sektor pertanian, kita gunakan KUR Rp 55 triliun, yang kredit macetnya hanya 0,003 persen. Saya ajak semua pemerintah daerah untuk gunakan KUR," imbaunya.

Sementara itu, Bupati Grobogan, Sri Sumarni mengatakan, perkiraan luas panen tahun 2021 di wilayahnya mencapai 121.200 hektar dengan produksi 783.700 ton. Sehingga, Grobogan siap memasok kebutuhan jagung untuk pakan ternak.

"Saya minta agar petani menikmati hasil panen, jangan impor Pak Menteri. Baru dengar ada impor saja,  harga langsung jatuh. Mohon tidak ada impor jagung. Kita bisa lihat di Desa Banjarsari ini dikelilingi tanaman jagung siap panen di bulan September sampai akhir tahun," ujarnya.

Sri menjelaskan, luas panen di Kabupaten Grobogan pada September ini mencapai 27.432 hektar, dengan produksi 126.592 ton. Untuk Oktober,  luasannya mencapai 8.712 hektar dengan produksi 40.201 ton.

Baca juga : TNI AL: Kapal Induk AS Sering Lewat Laut Natuna Utara, Nggak Masalah

Harga jagung dengan kadar air 17 persen mencapai Rp 5.000/kg. Sementara yang kadar airnya 39 persen, ada di kisaran Rp 3.500 hingga Rp 4.000/kg.

"Capaian jagung ini atas bantuan dari Kementerian Pertanian. Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atas dukungan dan bantuan berupa benih, pupuk dan bantuan prasarana dan sarana lainnya," tutur Sri.

Sentra panen jagung Kabupaten Grobogan tersebar di Kecamatan Pulokulon 6.812 hektare, Kradenan 3.561 hektare, Geyer 3.506 hektare, Gabus 3.126 hektare, dan Toroh 2.048 hektare.

Selain hasil panen petani, stok jagung Grobogan terdapat di 3 pabrik pakan sebanyak 32.265 ton.

Baca juga : Lapas Kelas 1 Tangerang Kebakaran, 41 Orang Meninggal, 8 Luka Bakar

Berdasarkan pantauan pada minggu IV (20 September 2021), stok jagung nasional mencapai 2,85 juta ton. Stok tersebut tersebar, dengan rincian 856.897 ton (31 persen) berada di pabrik pakan, 744.250 ton (27 persen) di pengepul, 423.502 ton (15 persen) di agen, 288.305 ton (11 persen) di pengecer, 276.300 ton (10 persen) di usaha lain atau pakan mandiri dan sisanya 6 persen berada di industri pangan, rumah tangga, dan lain-lain.

Pada panen jagung ini, SYL menyaksikan penandatangan nota kesepahaman antara Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan dengan PT. Datu Nusra Agribisnis selaku pelaku usaha, tentang kemitraan penyediaan stok jagung pakan ternak.

Ini merupakan bentuk kerja sama dalam penyediaan stok jagung untuk pakan ternak, sehingga pasokan jagung ke peternak benar-benar terjamin. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.