Dark/Light Mode

Islamic Finance Summit 2021, Pentingnya Ekonomi Syariah Dan Peluang Industri Halal

Kamis, 30 September 2021 14:21 WIB
Islamic Finance Summit 2021 Di Yogyakarta, Kamis (30/9)/Ist
Islamic Finance Summit 2021 Di Yogyakarta, Kamis (30/9)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (PP MES) beserta Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) juga Majalah Infobank, menggelar Islamic Finance Summit 2021 di Yogyakarta, Kamis (30/9).

Sekretaris Jenderal PP MES Iggi H Achsien mengatakan, acara yang mengangkat tema Driving The Growth of The Halal Industry in The New Normal Economy tersebut diselenggarakan, mengingat pentingnya literasi ekonomi syariah dan besarnya peluang ekonomi industri halal di Tanah Air.

“Pesan utamanya yang perlu kita perkuat, mari ikhtiar. Bahwa masyarakat Muslim terbesar Indonesia juga memberi kontribusi yang jauh lebih besar. Jauh lebih signifikan kepada bangsa dan negara untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ujar Iggi dalam keynote speech mewakili Ketua Umum MES Erick Thohir pada pembukaan Islamic Finance Summit 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komunikasi Publik PP MES Neneng Herbawati mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan kerja sama dan dukungan langsung dari berbagai pemangku kepentingan.

Baca juga : Beringin Sudah Siapkan Pasukan Darat Di Jabar

“Kami selalu terbuka, bekerja sama dengan siapa pun untuk berkolaborasi memperkuat ekonomi syariah di tengah-tengah masyarakat. Karena, penguatan ekosistem ekonomi syariah tidak bisa berjalan sendiri-sendiri,” ujar Neneng, menegaskan.

Dengan demikian, lanjut Neneng, ekonomi syariah tak sekadar menjadi identitas bagi komunitas Muslim. Juga menjadi salah satu penopang kekuatan ekonomi nasional yang dibangun secara menyeluruh dari masyarakat bawah hingga pemerintah.

Acara ini diharapkan dapat mendorong penguatan SDM, governance dan risk management untuk dapat merebut peluang ekonomi di era digitalisasi.

Untuk itu, dalam acara Islamic Finance Summit 2021 ini, PP MES menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama dengan pengurus KNEKS dan Majalah Infobank.

Baca juga : Buruh Minta Pemerintah Lindungi Industri Tembakau

Terkait penandatanganan MoU tersebut, Iggi menegaskan, tujuannya sebagai komitmen ketiga pihak untuk melakukan upaya pengembangan ekonomi syariah, melalui pemberian penghargaan kepada pihak-pihak yang berperan penting di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Juga untuk memberikan arah dan panduan bagi ketiga entitas melakukan upaya pengembangan ekonomi syariah. Tentunya, melalui pemberian penghargaan kepada pihak-pihak yang berperan dan berjasa di bidang ekonomi syariah dan keuangan syariah secara intensif dan berkelanjutan.

“Kami telah melaporkan penyelenggaraan dan MoU ini kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Penghargaan yang diberikan Infobank, MES dan KNEKS diamanatkan dapat diberikan 22 Oktober 2021, bertepatan dengan Hari Santri Nasional. Masih ada waktu sebulan mempersiapkan,” jelas Iggi.

Dalam acara ini, dilakukan pula peluncuran Wakaf Tunai, penyerahan simbolis sumbangan Rp 10.000.000 yang dipersembahkan oleh Infobank dan Komite Komunikasi Publik MES untuk Wakaf Tunai MES Yogyakarta, serta penyerahan santunan anak yatim.

Baca juga : Gus Jazil Sebut Pentingnya Peran Guru Diniyah Dalam Pembangunan Bangsa

Dalam acara yang dihelat di Hotel Royal Ambarrukmo tersebut, Ketua Umum MES Erick Thohir diwakili oleh Sekretaris Jenderal PP MES Iggi H. Achsien menjadi keynote speaker.

Sementara, Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang juga Pembina MES dan Ketua Harian KNEKS memberikan special remarks. Ada pun welcome speech  diberikan oleh Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS Sutan Emir Hidayat.

Dalam Islamic Finance Summit 2021 juga digelar seminar bertema Islamic The Growth of The Halal Industry in The New Normal Economy: Penguatan SDM, Governance, dan Risk Management di Lembaga Keuangan Syariah untuk Merebut Peluang.

Pembicara yang hadir, yakni Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I Otoritas Jasa Keuangan Teguh Supangkat, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi, Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas Friderica Widyasari serta Direktur Industri Produk Halal KNEKS Afdhal Aliasar. [WHY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.