Dark/Light Mode

Targetkan Tol Cisumdawu Rampung Sebelum Lebaran 2022

Luhut: Biar Bisa Dilewati Arus Mudik

Kamis, 30 September 2021 15:30 WIB
Rektor IPDN Hadi Prabowo mendampingi Menko Marves Luhut B Panjaitan, saat meninjau Jalan Tol Cisumdawu di Interchange Cileunyi dan Sinarmulya, Kamis (30/9). (Foto: Ist)
Rektor IPDN Hadi Prabowo mendampingi Menko Marves Luhut B Panjaitan, saat meninjau Jalan Tol Cisumdawu di Interchange Cileunyi dan Sinarmulya, Kamis (30/9). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Apabila pada Oktober 2021 seksi 4 dan Seksi 5A-5B penyelesaian lahannya sudah tuntas, maka pekerjaan fisik infrastruktur dapat dikebut untuk selesai Desember 2021.

Selain itu, salah satu tantangan dalam pembangunan Tol Cisumdawu adalah penanganan lereng dengan ketinggian maksimum 136 meter.

Baca juga : Taliban Ambil Alih Afghanistan, Ini Pelajaran Yang Bisa Dipetik Indonesia

Beberapa alternatif solusinya adalah dengan dilakukan penggalian tanah atau regrading, penguatan lereng, serta penambahan lahan agar lereng menjadi lebih landai.

Luhut mengungkapkan, salah satu hal yang perlu menjadi perhatian adalah konektivitas jalan tol dengan jalan akses di sekitarnya.

Baca juga : Basuki Targetkan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 Rampung 2022

Selaras dengan hal tersebut, diinformasikan bahwa sejak bulan Mei 2021 sedang dibangun interchange Cileunyi untuk menghubungkan Jalan Tol Cisumdawu seksi 1 dengan jalan nasional. Nantinya, seksi 1 dan seksi 2 akan memiliki 13 overpass dan 8 underpass tol. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.