Dark/Light Mode

Sinergi BUMN Hadir Untuk Negeri

PLN Aceh Gelar Safari Ramadan

Senin, 20 Mei 2019 03:16 WIB
Safari Ramadan BUMN Aceh Hadir Untuk Negeri menyerahkan santunan dan bingkisan untuk 1.000 orang anak yatim, bantuan sarana ibadah dan pesantren, bantuan pembagian Al-Quran serta bantuan kebutuhan dasar, di Aceh. Tahun 2019, Kementerian BUMN menunjuk PLN UIW Aceh sebagai PIC kegiatan Safari Ramadan dan co-PIC adalah PTPN I dan Adhi Karya. (Dok. Humas PLN)
Safari Ramadan BUMN Aceh Hadir Untuk Negeri menyerahkan santunan dan bingkisan untuk 1.000 orang anak yatim, bantuan sarana ibadah dan pesantren, bantuan pembagian Al-Quran serta bantuan kebutuhan dasar, di Aceh. Tahun 2019, Kementerian BUMN menunjuk PLN UIW Aceh sebagai PIC kegiatan Safari Ramadan dan co-PIC adalah PTPN I dan Adhi Karya. (Dok. Humas PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara PT PLN (Persero) bersama PT Perkebunan Nusantara I (PTPN I) Persero dan PT Adhi Karya (Persero) menggelar Safari Ramadan 1440 Hijriah di Aceh, Kamis (16/5).

General Manager Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh Jefri Rosiadi mengatakan, tahun ini Kementerian BUMN menunjuk PLN UIW Aceh sebagai PIC kegiatan Safari Ramadan dan co-PIC adalah PTPN I dan Adhi Karya. Safari Ramadan ini juga merupakan rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

"BHUN Tahun 2019 yang difokuskan ke Provinsi Aceh meliputi, Safari Ramadan yang terdiri dari penyerahan santunan dan bingkisan untuk 1.000 orang anak yatim, bantuan sarana ibadah dan pesantren, bantuan pembagian Al-Quran serta bantuan kebutuhan dasar," kata Jefri dalam keterangan resmi yang diterima RM.co.id.

Kegiatan ini, kata dia, menunjukkan kepedulian dan bukti nyata kehadiran BUMN Hadir untuk Negeri dalam rangka meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat kurang mampu di Provinsi Aceh.

Baca juga : Pupuk Indonesia Gelar Safari Ramadan

Khusus untuk bantuan kebutuhan dasar, lanjutnya, meliputi bantuan elektrifikasi, bantuan MCK, penyediaan sarana air bersih rumah karyawan dan masyarakat sekitar. Ada juga bantuan beasiswa untuk tingkat SD, SMP dan SMP. Kemudian kegiatan pasar murah untuk 1.000 paket.

Jefri mengatakan, selain kegiatan Safari Ramadan, program BUMN Hadir untuk Negeri Tahun 2019 lainnya adalah Siswa Mengenal Nusantara dan Peringatan HUT RI ke-74 yang nantinya akan diperingati dengan upacara bendera dan jalan santai.

 "Terkait dengan daerah prioritas utama pemberian bantuan, sesuai pemetaan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang bekerjasama dengan Kementerian BUMN," katanya.

Dijelaskan, daerah yang jadi prioritas adalah Gampong Lambleut, Kecamatan Darul Kamal, Aceh Besar dan daerah lainnya di Provinsi Aceh. 

Baca juga : Pertamina MOR IV Gelar Pasar Murah di Tiga Lokasi

Executive Vice President Konstruksi Operasi Regional PT PLN (Persero) Adi Lumakso mengatakan, BUMN Hadir untuk Negeri bertujuan untuk menciptakan kondisi dan mendorong agar BUMN di Indonesia dapat memberikan sumbangan yang terbaik bagi negeri dan rakyat Indonesia.

"Rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri juga diselenggarakan bersamaan dengan rangkaian kegiatan Peringatan 21 Tahun Kementerian BUMN," ujar Adi.

Dirinya juga menyampaikan bahwa peran BUMN adalah sebagai motor penggerak agen pembangunan dimana seluruh BUMN secara berkesinambungan mengambil langkah - langkah untuk mewujudkan Nawa Cita. Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk pendapatan dan kontribusi pajaknya yang besar kepada negara.

Menurut Adi, BUMN yang untung dan sehat, dapat memberikan pemasukan kas negara. Namun juga berkewajiban menyisihkan sebagian keuntungan usahanya dalam bentuk pemberian dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar 2 persen dari keuntungan.

Baca juga : Bekraf Gelar Kompetisi Jaring Wirausaha Muda

Dikatakan, PLN sebagai salah satu BUMN di Provinsi Aceh untuk Tahun 2019 telah menganggarkan dana CSR sebesar Rp2 miliar dimana dana itu nantinya juga akan memberi dampak bagi warga penerima bantuan yang berada di sekitar instalasi perusahaan.(NOV)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.