Dark/Light Mode

Sinergi BUMN Terus Dorong Kemandirian Petani

Menteri Rini Resmikan 2 RMU di Pamarican dan Jamanis

Kamis, 21 Maret 2019 05:08 WIB
Menteri Rini (kanan) saat meresmikan Rice Milling Unit (RMU) di Tasikmalaya. Ikut mendampingi, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo. (Foto: Humas BUMN)
Menteri Rini (kanan) saat meresmikan Rice Milling Unit (RMU) di Tasikmalaya. Ikut mendampingi, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo. (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan pengoperasian 2 pusat pengolahan gabah dan beras (Rice Milling Unit/RMU) di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Yakni di Kecamatan Pamarican dan Kecamatan Jamanis.

RMU tersebut dibangun oleh duet perusahaan BUMN, Bank Mandiri dan BRI. Sinergi ini merupakan bentuk dukungan perusahaan negara terhadap upaya pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan petani, melalui konsep kewirausahaan petani.

Baca juga : Eks Menteri, Mantan Tim Mawar Dan Petahana Adu Kuat

Rini menjelaskan, konsep kewirausahaan petani mensinkronkan 4 kegiatan petani. Yaitu pra tanam, tanam, panen, dan pascapanen dalam sebuah entitas bisnis berbentuk PT, yang dikelola secara profesional serta dimiliki rakyat setempat (Gabungan Kelompok Tani/Gapoktan dan BUMNDesa).

“Konsep ini dapat mendorong kemandirian petani. Karena proses pengelolaan hasil tanam hingga pemasaran dilakukan oleh petani secara profesional dan diawasi secara bersama-sama, sehingga bisa didapatkan hasil yang optimal,” katanya.

Baca juga : Sinergi 34 BUMN Terangi 100 Ribuan Rumah Di Jabar

Rini lalu mencontohkan, RMU Pamarican yang telah selesai dibangun oleh Bank Mandiri pada September 2018, kini sudah bisa memproduksi hingga lebih dari 700 ton beras berkualitas baik hingga Februari 2019.

Beras dengan brand "Si Geulis" itu telah dipasarkan secara online di blanja.com, tokopedia, bukalapak, jd.id, dan shopee.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.