Dark/Light Mode

Perketat Prokes Turis Asing

AP II Integrasikan Data Via Aplikasi

Sabtu, 2 Oktober 2021 08:37 WIB
Suasana pemeriksaan kesehatan penumpang kedatangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Antara).
Suasana pemeriksaan kesehatan penumpang kedatangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Untuk itu, AP II telah menyiapkan infrastruktur teknologi informasi. Ini guna memudah­kan pelaporan atau integrasi data penumpang pesawat. Pihaknya juga menyiapkan aplikasi HORE (Health Proto­col Readiness), untuk diguna­kan maskapai dan stakeholder Bandara Soetta.

“Aplikasi ini mempermu­dah pelaporan atau integrasi data penumpang pesawat internasional,yang akan tiba di Terminal 3 Bandara Soetta. Sesuai yang diamanatkan di da­lam surat Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub,” jelasnya.

Baca juga : Perketat Prokes, Kebut Vaksinasi

Di bandara keberangkatan, maskapai dapat mengisi data-data penumpang ke aplikasi HORE. Sehingga, ketika penumpang masih dalam penerbangan ke Bandara Soekarno-Hat­ta, stakeholder sudah menerima data-data penumpang itu.

“Data penumpang yang di­terima stakeholder, kemudian menjadi dasar penanganan dan pengaturan di area keda­tangan internasional,” imbuh Awaludiin.

Baca juga : Kemenpora Dorong Pemuda Melek Keterampilan Digital

Selanjutnya, ketika penumpang pesawat tiba di Terminal 3, maka sudah dilakukan peng­kondisian di area kedatangan internasional. Sehingga prose­dur dapat dijalankan dengan baik oleh KKP Kemenkes, AP II, dan stakeholder lainnya.

Awaluddin menuturkan, integrasi data penumpang pesawat yang didukung aplikasi HORE ini membuat pengaturan penumpang yang datang menjadi lebih baik. Stakeholder dapat lebih akurat memprediksi aktivitas di area keda­tangan internasional, protokol kesehatan berjalan baik. Dan penumpang pun dapat mem­proses kedatangan dengan waktu yang lebih cepat.

Baca juga : Perkuat Layanan, Damri Genjot Integrasi

Penggunaan aplikasi HORE ini melengkapi eHAC Inter­nasional yang harus diisi penumpang pesawat, yakni mela­lui aplikasi PeduliLindungi sebelum keberangkatan di ban­dara asal. eHAC Internasional ini kemudian akan diverifikasi bersamaan dengan dokumen kesehatan oleh personel KKP Kemenkes di Terminal 3 Ban­dara Soetta.” katanya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.