Dark/Light Mode

Hutama Karya Kantongi Sertifikasi ISO Kitemark

Selasa, 5 Oktober 2021 08:22 WIB
PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) berhasil meraih Sertifikasi ISO 19650-2018 Kitemark dari PT British Standards Institute (BSI Group Indonesia) dalam bidang penerapan Building Information Modelling (BIM). (Foto: Dok. PT Hutama Karya).
PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) berhasil meraih Sertifikasi ISO 19650-2018 Kitemark dari PT British Standards Institute (BSI Group Indonesia) dalam bidang penerapan Building Information Modelling (BIM). (Foto: Dok. PT Hutama Karya).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Hutama Karya (Persero) atau HK meraih sertifikasi ISO 19650-2018 Kitemark dari PT British Standards Institute (BSI Group Indone­sia), dalam penerapan inovasi BIM (Building Information Modelling).

Direktur Operasi I Hutama Karya Novias Nurendra mengatakan, perseroan menjadi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pertama, yang mendapatkan Sertifikat ISO 19650 BIM Kitemark. Hal ini juga mengantarkan HK menjadi perusahaan pertama di Tanah Air yang tersertifikasi dalam tiga part sekaligus. Yakni, part I, II dan V.

Ketiga part mencakup prin­sip project delivery (pengiriman proyek), hingga security minded approach to informa­tion modelling (pendekatan yang berpikiran keamanan untuk pemodelan informasi).

Baca juga : Ketum KONI Pusat Tekankan Prokes Dan Sportivitas Di PON Papua

“Artinya, ini menegaskan, penerapan BIM di Hutama Karya tak hanya berkutat pada proses engineering (teknik), namun hingga aspek keaman­an informasi pada setiap proyek yang digarap,” jelas Novias dalam keterangan resminya, kemarin.

Menurut Novias, implementasi BIM ini tentu menjadi esensial pada masa digitalisa­si yang penuh tantangan. Un­tuk itu, keberhasilan Hutama Karya mendapatkan Sertifikat ISO 19650-2018 Kitemark, tak lepas dari dukungan dan kerja sama seluruh pihak in­ternal perusahaan. Khususnya dalam optimalisasi penerapan teknologi pada proses bisnis yang dijalankan.

Ia menuturkan, proses sertifikasi ini telah memberi kesempatan bagi perusahaan menelaah proses dalam mengelola informasi. Tujuannya, untuk mendukung transfor­masi digital dan mendorong penyelarasan kinerja masing-masing unit kerja demi kuali­tas terbaik.

Baca juga : Upaya Kementan Jaga Stabilitas Ayam Ras Petelur

Untuk diketahui, ISO 19650-2018 Kitemark merupakan sertifikasi dengan standar internasional penerapan implementasi BIM yang di­akui industri secara global. Yang menunjukkan tingkat maturitas organisasi dan komitmennya terhadap kepuasan klien.

Sertifikat BSI Kitemark merupakan level tertinggi di bidang BIM, yang terdiri dari ISO 19650-1:2018 concept and principles of information management (konsep dan prin­sip manajemen informasi).

Kemudian ISO 19650-2:2018 delivery phase of assets (fase pengiriman aset), dan ISO 19650-5:2020 security-minded approach to informa­tion management (pendekatan berpikiran keamanan untuk manajemen informasi). [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.