Dark/Light Mode

Pagi Ini, Rupiah Dibuka Joss Lagi

Kamis, 7 Oktober 2021 09:50 WIB
Rupiah dan dolar AS. (Foto: ist)
Rupiah dan dolar AS. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nilai tukar rupiah pagi ini kembali dibuka menguat 0,04 persen ke level Rp 14.247 per dolar AS dibandingkan kemarin di level Rp 14.252 per dolar AS.

Mayoritas mata uang Asia lainnya turut menguat terhadap dolar AS. Yuan China naik 0,4 persen, won Korea Selatan melonjak 0,27 persen, peso Filipina naik 0,18 persen, ringgit Malaysia menguat 0,07 persen, baht Thailand naik 0,06 persen, dolar Singapura naik 0,05 persen, dan dolar Hong Kong menguat 0,02 persen.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama saingannya, naik 0,3 persen pada 94,228. Sementara nilai tukar rupiah terhadap euro dibuka melemah 0,08 persen di level Rp 16.454, terhadap poundsterling Inggris minus 0,05 persen ke level Rp 19.339, terhadap dolar Australia juga turun 0,24 persen ke level Rp 10.372.

Baca juga : BI Buka Lagi Layanan Rupiah Masyarakat

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, sentimen eksternal terjadi di tengah penantian keputusan kebijakan moneter Selandia Baru dan rilis data upah non-farm payroll di AS pada akhir pekan ini.

“Saat ini investor beralih ke dolar sebagai safe haven merespons pengurangan stimulus dari Bank Sentral AS yang sudah dimulai,” jelas Ibrahim dalam riset, Kamis (7/10).

Sementara itu, pelaku pasar mengapresiasi langkah pemerintah untuk mengenakan Pajak Penghasilan (PPh) sebesar 35 persen terhadap Orang Pribadi (OP) yang berpenghasilan di atas Rp 5 miliar setahun.

Baca juga : Horee, PeduliLindungi Kini Bisa Diakses Lewat Shopee

Ia mengatakan, walaupun jumlah OP dengan kriteria tersebut tidak terlalu banyak namun tetap berpotensi mengangkat penerimaan pajak negara hingga belasan triliun rupiah.

“Langkah pemerintah itu disebut telah sesuai dengan rekomendasi dari Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia untuk mendorong kontribusi orang kaya dalam porsi fiskal pasca pandemi,” jelasnya.

Ibrahim memproyeksi, rupiah sepanjang hari ini akan bergerak fluktuatif dengan potensi menguat pada rentang Rp 14.240-Rp 14.270 per dolar AS. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.