Dark/Light Mode

Telkomsel Siap Bangun 7 Ribuan BTS Di Wilayah 3T

Jumat, 8 Oktober 2021 20:18 WIB
Menlu Retno LP Marsudi (Foto: Kemlu)
Menlu Retno LP Marsudi (Foto: Kemlu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Operator seluler Telkomsel bakal membangun 7.772 menara Base Transceiver Station (BTS) 4G/LTE wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) pada Area Paket Kerja Sama 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9. Pembangunan ribuan BTS itu berdasarkan keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan Surat Penetapan Nomor 827/KOMINFO/BAKTI.31/KS.1/10/2021 terkait penetapan Telkomsel yang terpilih sebagai Mitra Kerja Sama Operasional (KSO) dalam Program Penyediaan Layanan Seluler 4G/LTE.

 “Kami mengapresiasi keputusan Kemkominfo RI yang memberikan kepercayaan kepada Telkomsel untuk melanjutkan pemerataan akses broadband di wilayah 3T," kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam rilisnya yang diterima wartawan.

Baca juga : PUPR Soroti Penurunan Tanah Di Wilayah Anies Baswedan

Dia berharap, pembangunan ribuan BTS di 3T dapat membuka lebar kesempatan bagi masyarakat untuk terus terhubung dan memaksimalkan berbagai aktivitas digital yang dibutuhkan. Pemasangan BTS Universal Service Obligation (USO) 4G/LTE ini akan tersebar di titik-titik desa di wilayah 3T, yang belum mendapatkan akses jaringan telekomunikasi broadband.

BAKTI dan Telkomsel menargetkan dapat membangun 7.772 BTS USO 4G/LTE dengan detil alokasi wilayah Area 2 (Nusa Tenggara), Area 3 (Kalimantan), Area 4 (Sulawesi). Kemudian, di Area 5 (Maluku) Area 6 (Papua Barat), Area 7 Papua Tengah Barat), Area 8 (Papua Tengah Utara), dan Area 9 (Papua Timur Selatan), yang kemudian akan dirampungkan seluruhnya pada Desember 2022.

Baca juga : Telkomsel Hadirkan Jaringan 5G Di PON Papua

“Kami meyakini bahwa dengan semakin banyaknya pembangunan BTS 4G di wilayah 3T, sebagai pintu gerbang solusi digital dan penyedia konektivitas berkualitas yang merata dan setara," ucap Hendri. Hingga semester dua 2021 lalu, Telkomsel bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo telah mengadakan 1.158 BTS USO yang seluruhnya telah terhubung teknologi jaringan broadband terdepan 4G/LTE.

Telkomsel pun mengharapkan dukungan dari para pemangku kepentingan lainnya seperti penyedia perangkat mobile dan aplikasi berbasis digital di seluruh wilayah 3T yang menjadi target pembangunan BTS USO yang baru nantinya. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.