Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rerie Serukan Bangun Kemandirian Bangsa Demi Hadapi Tantangan Pasca Pandemi

Minggu, 5 September 2021 15:34 WIB
Lestari Moerdijat (Foto: Ist)
Lestari Moerdijat (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menekankan perlunya mendorong kemandirian bangsa untuk menjawab tantangan di masa kenormalan baru, tepatnya setelah pandemi Covid-19. "Dalam menjalani norma baru pasca pandemi Covid-19, tentu memerlukan berbagai sarana pendukung. Diharapkan kita sebagai bangsa mampu mempersiapkannya secara mandiri," ujar Rerie, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis, Minggu (5/9).

Menurut Rerie, sejumlah sarana pendukung, seperti vaksin Covid-19 dan alat tes Covid-19, diharapkan dapat diproduksi secara mandiri di dalam negeri. Pembuatan vaksin nusantara dan sejumlah vaksin lain produk domestik, merupakan langkah antisipatif dan strategi mewujudkan kemandirian bangsa. 

Baca juga : Basarah: Suasana Kebangsaan Yang Kondusif, Prasyarat Amandemen Konstitusi

Sejumlah peralatan lain, seperti alat uji untuk menerapkan test swab antigen dan PCR yang menjadi salah satu persyaratan perjalanan, juga diharapkan mampu diproduksi oleh anak negeri. Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap pandemi Covid-19 bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangun kemandirian bangsa.

Menurut Rerie, era disrupsi yang terjadi saat ini menuntut semua bangsa untuk melakukan berbagai perubahan dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman. Berbagai kebijakan yang bersifat strategis dan antisipatif, harus terus dihasilkan.

Baca juga : Bamsoet Tegaskan Pentingnya Bangun Karakter Bangsa Melalui Empat Pilar MPR

Tujuannya, menghindari ketergantungan dari luar dalam menjawab tantangan. "Salah satu yang bisa diupayakan, segera bangun kemandirian bangsa dengan memaksimalkan potensi anak bangsa yang kita miliki. Untuk menekan ketergantungan kita terhadap negara lain di sejumlah bidang," pungkas Rerie. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.