Dark/Light Mode

Cek Jalur Mudik, Bos Hutama Karya Blusukan Ke Tol Trans Sumatera

Rabu, 22 Mei 2019 11:05 WIB
Tol Trans Sumatera
Tol Trans Sumatera

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang musim mudik Lebaran 2019, PT Hutama Karya (Persero) memastikan kesiapan Jalan Tol Trans-Sumatera untuk dilalui pemudik. Salah satunya ruas tol dari Bakauheni hingga Palembang.

Direktur Utama PT Hutama Karya Bintang Perbowo melakukan kegiatan penyusuran Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang dikelola perseroan, kemarin. Bintang ditemani Komisaris Adityawarman dan Musyafak, serta Direktur Operasi I Bambang Pramusinto.

Hadir pula Sekretaris Perusahaan M. Fauzan, Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPJT) J. Aries Dewantoro dan Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol (PBJT) Agung Fajarwanto.

Baca juga : Mantap, Pertamina Pastikan Kebutuhan BBM Pemudik di Tol Trans Jawa Aman

Bintang mengatakan, bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk meninjau kesiapan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Palembang, sebelum nanti dilalui oleh para pemudik. “Saat ini kami sedang memastikan bahwa Jalan Tol Trans Sumatera dari Lampung sampai Palembang memang benar-benar siap untuk dilalui oleh para pemudik. Nanti ada yang operasional yaitu tol Bakauheni-Terbanggi Besar, dan juga ada yang akan kami fungsionalkan yaitu dari Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung,” tutur Bintang.

Hingga saat ini progres pekerjaan konstruksi dari Terbanggi Besar hingga Kayu Agung sudah lebih dari 95 persen sehingga sudah siap difungsionalkan dengan kondisi seluruhnya perkerasan beton/rigid dan flexible pavement. Tempat Istirahat Sementara telah dibangun. “Rambu sudah terpenuhi dan Tempat Istirahat Sementara (TIS) sudah kami bangun. Progressnya sudah 80 persen,” pungkasnya.

Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol PT Hutama Karya Agung Fajarwanto mengatakan, dengan difungsionalkannya ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung dan Kayu Agung-Palembang menandakan bahwa pada arus mudik 2019. Pemudik sudah dapat melakukan perjalanan dari Lampung hingga Palembang melalui jalan tol sepanjang kurang lebih 361,06 km.

Baca juga : Jadwal Macan Kemayoran Padat Merayap

“Jalur ini terdiri dari Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah beroperasi penuh sepanjang 140 km dan juga ruas lain yang masih fungsional yaitu Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 99 km, Ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 87 km dan Ruas Kayu Agung-Palembang sepanjang 34 km,” ujar Fajar.

Rest Area

Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya J. Aries Dewantoro mengatakan, telah menyiapkan sebanyak 12 Tempat Istirahat atau Rest Area dengan fasilitas berupa musholla, toilet dan SPBU Modular dari Bakauheni hingga Kayu Agung. Selain itu, beberapa titik top up uang elektronik juga telah disiapkan mengingat transaksi di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar telah sepenuhnya menggunakan uang eletronik.

Baca juga : Cek Fasilitas Publik, Anies Blusukan Ke Pulau Sabira

“Demi kenyamanan, keamanan dan kelancaran perjalanan para pemudik, perseroan juga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat terkait rencana rekayasa lalu lintas antara lain pengalihan arus lalu lintas, penggunaan jalur fungsional, pemberhentian aktivitas proyek sementara, pembatasan operasional angkutan barang serta pemberlakuan contra flow bila diperlukan dan atas perintah dari kepolisian,” imbuh Aries.

Tak hanya itu untuk memastikan ketersediaan informasi bagi para pemudik, perseroan juga aktif melakukan publikasi massive melalui berbagai kanal komunikasi yang dimilikinya. Sekretaris Perusahaan Hutama Karya M. Fauzan mengatakan, selain mengaktifkan tab khusus di web yang berisi informasi tentang mudik, perseroan juga menyiapkan booklet untuk dibagikan kepada pemudik.

“Kami sudah siapkan tahun ini Booklet yang berisi informasi lengkap terkait mudik di Jalan Tol Trans Sumatera. Mulai dari peta, tarif, lokasi rest area, hingga lokasi kuliner dan wisata di sekitar gerbang tol. Nantinya booklet ini akan kami bagikan di setiap gerbang tol kepada para pemudik sebelum mereka memasuki jalan tol tersebut,” ujarnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.