Dark/Light Mode

Tanggap Darurat Musibah Tsunami Selat Sunda

Pemulihan Kelistrikan Sudah 100 Persen

Kamis, 27 Desember 2018 15:04 WIB
Berkat kerja keras tim gabungan PLN, pemulihan kelistrikan pasca tsunami Selat Sunda di Banten dan Lampung telah mencapai 100 persen. (Foto: Dok. PLN)
Berkat kerja keras tim gabungan PLN, pemulihan kelistrikan pasca tsunami Selat Sunda di Banten dan Lampung telah mencapai 100 persen. (Foto: Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lima hari pasca musibah tsunami Selat Sunda yang menerjang sebagian wilayah Banten dan Lampung, perbaikan infrastruktur kelistrikan di daerah terdampak telah mencapai 100%.

Dari 248 gardu distribusi yang padam di Pandeglang, PLN berhasil memulihkan 243 gardu distribusi. Sisanya, dinyalakan dengan genset. Ada juga yang tidak dinyalakan karena sudah tidak berpenghuni. Selain itu, PLN juga berhasil memperbaiki penyulang lain seperti penyulang Carita, penyulang Wisata, dan penyulang Labuan.

Baca juga : Pasca Tsunami, Layanan Telekomunikasi Hampir Pulih 100 Persen

Dengan 310 personil gabungan yang dikerahkan dari PLN Banten, Jakarta dan Jabar, BUMN kelistrikan juga berhasil menembus berbagai daerah yang sempat terisolir seperti Panimbang, Kalicaah dan Sumur .

Data tersebut didapatkan saat kunjungan Plt Komisaris Utama PLN Ilya Avianti, di Posko Teknis PLN Rayon Banten Utara, untuk melihat perkembangan perbaikan infratruktur kelistrikan di Pandeglang. Di Lampung, PLN telah berhasil memperbaiki seluruh infratruktur kelistrikan yang sempat rusak. Secara sistem, infrastruktur kelistrikan tersebut kini sudah siap 100%.

Baca juga : Tanggap Darurat, PLN Dirikan Dapur Umum & Pos Pelayanan Kesehatan

Saat ini, sedang dilakukan penyalaan secara bertahap ke rumah-rumah pelanggan yang kondisi instalasinya masih baik. Kerja cepat ini dibantu oleh Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kalianda, ULP Sidomulyo , ULP Sutami serta Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tanjung Karang. Seluruh tim disebar untuk melakukan pemulihan, dan menyalakan 22 titik tiang distribusi.

“Secara teknis, perbaikan sudah mencapai 100%, di antaranya dibantu genset milik PLN. Sistem sudah kami siapkan. Secara pararel, kami juga melakukan pemeriksaan terhadap instalasi rumah-rumah warga, untuk kemudian kami nyalakan secara bertahap“ jelas Executive Vice President Corporate Communications & CSR PLN, I Made Suprateka.

Baca juga : Pemulihan Kelistrikan Pasca Tsunami Selat Sunda Capai 95 Persen

Made menambahkan, selain fokus memperbaiki kelistrikan di Pandeglang dan Lampung, PLN juga memberikan penerangan kepada 22 posko pengungsian yang berada di Pandeglang. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.