Dark/Light Mode

Survei BI: Pembiayaan Korporasi Per September 2021 Meningkat

Jumat, 15 Oktober 2021 12:03 WIB
Bank Indonesia. (Foto: ist)
Bank Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil Survei Permintaan dan Penawaran Pembiayaan Perbankan Bank Indonesia (BI) mengindikasikan, kebutuhan pembiayaan korporasi pada September meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. 

Hal itu terindikasi dari Saldo Bersih Tertimbang1 (SBT) sebesar 11,1 persen, lebih tinggi dari SBT Agustus 2021 sebesar 0,9 persen. 

BI menyebut, sejumlah sektor seperti sektor Pertanian, Industri Pengolahan dan Pertambangan terindikasi memiliki kebutuhan pembiayaan yang meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca juga : Smartfren Buka Peluang Merger Sama XL Axiata

"Terutama digunakan untuk mendukung aktivitas operasional, pemulihan domestik serta membayar kewajiban yang jatuh tempo," jelas keterangan resmi BI yang dikutip, Jumat (15/10). 

Responden menyatakan, sebagian besar sumber pembiayaan berasal dari dana sendiri, pinjaman perbankan dalam negeri, dan pinjaman dari perusahaan induk yang terindikasi meningkat.

Hasil survei juga mengindikasikan permintaan pembiayaan baru oleh rumah tangga pada September 2021 masih terbatas, meski sedikit meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. 

Baca juga : Mitsubishi Jual 8.930 Mobil Di September 2021

BI menyebut, bank umum masih menjadi preferensi sumber utama penambahan pembiayaan responden rumah tangga, dengan jenis pembiayaan yang diajukan mayoritas berupa Kredit Multi Guna.

Dari sisi penawaran perbankan, penyaluran kredit baru pada September 2021 terindikasi meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Berdasarkan kelompok bank, meningkatnya pertumbuhan penyaluran kredit baru pada September 2021 diprakirakan terjadi pada seluruh kategori bank. 

Peningkatan penyaluran kredit baru pada September 2021 terutama didorong oleh jenis penggunaan Kredit Modal Kerja. Sementara itu untuk keseluruhan periode triwulan III-2021, penyaluran kredit baru juga diprakirakan tumbuh, meski tidak setinggi pertumbuhan triwulan sebelumnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.