Dark/Light Mode

Perubahan Iklim Hingga Digitalisasi Jadi Isu Dalam Pertemuan IMF-World Bank 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 00:19 WIB
Gedung Bank Indonesia. (Foto: Ist)
Gedung Bank Indonesia. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Menkeu Sri Mulyani menyampaikan, pentingnya upaya global untuk mengatasi pandemi dan melanjutkan reformasi struktural guna mendorong pemulihan ekonomi yang lebih resilien, berkelanjutan dan inklusif.

Kemudian dalam rencana Presidensi G20 Indonesia yang akan mengangkat tema Recover Together and Recover Stronger, untuk mengatasi tantangan global dalam mendorong pertumbuhan ekonomi ke depan yang berkelanjutan melalui peningkatan produktivitas, resiliensi, stabilitas, ekonomi hijau, dan ekonomi inklusif.

Baca juga : Perhutani Jadi BUMN Corporate Brand Awards 2021

Presidensi G20 Indonesia mengusung enam topik prioritas pada finance track G20, yaitu exit strategy to support recovery, addressing scaring effect to secure future growth, payment system in digital era, sustainable finance, financial inclusion dan international taxation.

Presidensi G20 Indonesia juga akan melanjutkan pembahasan beberapa topik legacy seperti global economy and risk monitoring, global financial safety net, capital flows, data gap initiative, financial sector regulation, debt sustainability, infrastructure investment, multilateral development banks, pandemic preparedness, dan compact with Africa.

Baca juga : Warga Afghanistan Pakai Bitcoin Atasi Masalah Keuangan

Delegasi Indonesia juga melakukan serangkaian pertemuan dengan beberapa negara G20 untuk menjelaskan rencana Presidensi G20 Indonesia dan juga memperoleh dukungan untuk kelancaran pelaksanaan Presidensi pada tahun 2022.

Presidensi G20 Indonesia pada finance track yang diwakili oleh Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia akan dimulai dengan pertemuan Finance and Central Bank Deputies Meeting (FCBD) pada 9-10 Desember 2021 di Bali. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.