Dark/Light Mode

BI: Kredit Triwulan III-2021 Tumbuh Positif

Kamis, 21 Oktober 2021 12:10 WIB
Bank Indonesia. (Foto: ist)
Bank Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei Perbankan Bank Indonesia (BI) mengindikasikan, penyaluran kredit baru tumbuh positif pada triwulan III-2021, meski tidak setinggi periode sebelumnya.

Hal tersebut tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) permintaan kredit baru sebesar 20,9 persen. Berdasarkan jenis penggunaan, pertumbuhan kredit baru terindikasi terjadi pada seluruh jenis kredit, terindikasi dari nilai SBT yang tercatat positif. 

Baca juga : Survei BI: Kegiatan Usaha Triwulan III Tumbuh Positif

“Pada triwulan IV-2021, penyaluran kredit baru diperkirakan meningkat, ditandakan dari SBT prakiraan penyaluran kredit baru sebesar 90,9 persen,” Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resminya, Kamis (21/10).

Standar penyaluran kredit pada triwulan IV 2021 diperkirakan lebih longgar dibandingkan periode sebelumnya. Hal itu terindikasi dari Indeks Lending Standard (ILS) sebesar -0,4 persen, lebih rendah dibandingkan dengan 2,0 persen pada triwulan sebelumnya. 

Baca juga : Kredit UMKM Tumbuh Positif Di Agustus 2021

Aspek kebijakan penyaluran kredit yang diperkirakan lebih longgar dibandingkan triwulan sebelumnya antara lain jangka waktu kredit dan biaya persetujuan kredit.

“Hasil survei mengindikasikan responden tetap optimis terhadap pertumbuhan kredit untuk keseluruhan tahun 2021,” ujarnya.

Baca juga : BPS: Ekspor Pertanian Januari -Juli 2021 Tumbuh 8,72 Persen

Responden memperkirakan pertumbuhan kredit pada 2021 sebesar 5,3 persen yoy. Optimisme tersebut antara lain didorong oleh kondisi moneter dan ekonomi, serta relatif terjaganya risiko penyaluran kredit. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.