Dark/Light Mode

4 Tahun Di Indonesia, Mitsubishi Xpander Laku 200 Ribuan Unit

Jumat, 22 Oktober 2021 09:01 WIB
Mitsubishi Xpander. (Foto: ist)
Mitsubishi Xpander. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini, Mitsubishi Xpander genap 4 tahun di Indonesia. Dikenalkan pertama kali di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Mitsubishi Xpander kini menjelma jadi mobil yang paling dipilih oleh masyarakat. 

Berdasar data Gaikindo, total penjualan Mitsubishi Xpander dari September 2017 sampai September 2021 mencapai 200 ribuan unit. 

Baru pertama meluncur, Mitsubishi Xpander langsung jadi fenomenal. Pasalnya, mobil ini membawa fitur-fitur terkini dan terdepan di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV). 

Di bagian ekterior, Mitsubishi Xpander dibekali dengan velg 16 inci, front & rear bumper, modern rear spoiler, rear window defogger, shark fin antenna, back car baggage, rear camera, dan rear parking censor. 

Di bagian interior, Mitsubishi Xpander dibekali 7-seater comport, high contrast meter cluster (color MID), tilt & telescopic steering, keyless operating system, 7 inch audio head unit with smartphone connectivity, power outlet di setiap baris, front console box, tweeter, AC double blower, dan ruang kabin yang senyap.

Baca juga : Indonesia Serius Kendalikan Perubahan Iklim

Kemudian ada fitur cruise control, hill start assist, emergency stop signal, active stability control, dan ABS. Mitsubishi Xpander dibekali dengan mesin 1,5 MIVEC DOHC 16 Valve. Transminya ada pilihan manual dan matic. Suspensinya juga lebih nyaman dan stabil.

Karena itu, tak heran waktu pertama kali di luncurkan, permintaan terhadap Mitsubishi Xpander sangat tinggi. Masyarakat yang menginginkan mobil ini pun harus inden beberapa bulan. Namun, seiring dengan bertambahnya kapasitas produksi, sekarang masyarakat tidak perlu inden lagi.

Dengan kesuksesannya itu, Mitsubishi Xpander mendapatkan penghargaan Car Of The Year Otomotif Award 2018 dari tabloid Otomotif. Tidak hanya itu, Mitsubishi Xpander juga mendapatkan penghargaan sebagai Best of The Best MPV.

Saat ini penjualan Mitsubishi Xpander mulai kembali naik pasca pandemi. Selain itu, kebijakan pemerintah memberikan diskon PPnBM 100 persen juga membantu meningkatkan penjualan Xpander.

Mitsubishi mencatat Mitsubishi Xpander berkontribusi 38 persen terhadap seluruh penjualan Mitsubishi September. Artinya, mobil yang terjual sebanyak 3.398 unit ini mampu menjaga pangsa pasar di segmen MPV dengan raihan lebih dari 30 persen sepanjang september 2021.

Baca juga : Paviliun Indonesia Sudah Dikunjungi 50 Ribu Orang Lebih

Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan, selain di dalam negeri, Mitsubishi Xpander juga diminati di luar negeri. Menurut dia, saat ini Mitsubishi Xpander di ekspor ke-30 negara.

“Mitsubishi Xpander awalnya diproduksi khusus untuk desain di Indonesia dan sesuai  permintaan pasar Indonesia. Indonesia jadi pasar yang utama,” ujarnya.

Menurut dia, meskipun permintaan ekspor tinggi, pihaknya tetap memprioritaskan pasar dalam negeri. “Kita selalu meminta Indonesia jadi pasar yang utama untuk Mitsubishi Xpander, ujarnya.

Group Head of Regional Sales Marketing Division MMKSI, Budi Dharmawan Daulay mengatakan , mulusnya penjualan Mitsubishi Xpander juga didorong insentif PPnBM, di mana semua varian Mitsubishi Xpander maupun Mitsubishi Xpander Cross mendapat kenaikan penjualan.

"Permintaan Mitsubishi Xpander meningkat dengan adanya insentif PPnBM. Naiknya penjualan Mitsubishi Xpander hingga 100 persen tidak cuma terjadi di Jabodetabek, tapi juga di beberapa daerah," kata dia. [DIT]

Baca juga : Begitu Tiba Di Indonesia, Penumpang Pesawat Luar Negeri Wajib Tes PCR, Ini Alasannya

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.