Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Resmi Jadi Anak Usaha PLN, EMI Ditarget Raih Omzet Rp 13 Triliun

Jumat, 22 Oktober 2021 20:26 WIB
Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini. (Dok. PLN
Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini. (Dok. PLN

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah secara resmi mengalihkan seluruh saham seri B negara pada PT Energy Management Indonesia (Persero) atau EMI ke PT PLN (Persero).

Hal ini juga ditandai dengan bergabungnya EMI sebagai anak perusahaan PLN yang diresmikan, Jumat, (22/10/2021).

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mencatat, pihaknya telah menetapkan target pengembangan PT Energi Management Indonesia sebagai Energy Service Company (ESCO) nasional pilihan konsumen Asia Tenggara.

Dimana,  akan berperan sebagai agen Pemerintah dalam mewujudkan langkah pengurangan emisi.  Dengan keberhasilan transformasi EMI sebagai leading ESCO serta asumsi dukungan penuh dari segenap stakeholders.

Diproyeksikan EMI akan mencapai pendapatan lebih dari Rp 8 triliun pada 2025  Secara kumulatif 5 tahun kedepan sebesar Rp 13 triliun, dengan estimasi EBT sebesar Rp 825 miliar.

Menurutnya, hal ini akan menjadi bukti bahwa akselerasi mencapai ekonomi hijau Indonesia.

Baca juga : Waskita Karya Raup Dana Rp 2,44 Triliun

"Untuk itu, kami memohon dukungan dari seluruh stakeholder bagi EMI untuk mewujudkan visi EMI sebagai ESCO Nasional dan pilihan konsumen Asia Tenggara guna mempercepat program dekarbonisasi nasional menuju Ekonomi Hijau indonesia," ujar Zulkifli, Jumat (22/10/2021). 

Selain itu, EMI akan bergerak ke bawah membantu pemerintah daerah dan semua lapisan masyarakat dalam penyusunan kebijakan dan master plan konservasi energi.

EMI akan melakukan penyusunan solusi engineering untuk konservasi energi dan memenuhi sertifikat green.

EMI juga akan melakukan pengembangan pemanfaatan EBT skala kecil dan implementasi solusi turnkey infrastruktur bisnis dan retail yang ramah lingkungan. 

Dengan bergabungnya EMI sebagai anak usaha PLN maka ada empat sasaran utama. pertama, sinergi internal antara PT Energi Management Indonesia dengan PLN.

Kedua, peningkatan kapasitas dan kapabilitas dalam penyediaan layanan. Ketiga,  ekspansi bisnis konservasi ke pasar eksternal.

Baca juga : Per 15 Oktober, Realisasi Anggaran PEN Capai Rp 428,21 triliun

Dan terakhir, penciptaan nilai di keseluruhan ekosistem energi nasional. 

Sebagai wujud komitmen mendukung target Pemerintah, kata Zulkifli, PLN menargetkan dekarbonisasi sebesar 117 juta ton CO2 sampai tahun 2025.

Untuk bisa mempercepat target dekarbonisasi yang dituju pemerintah dan mendorong ekonomi hijau, PLN akan didukung EMl. 

Nantinya EMI berkontribusi melakukan dekarbonisasi sebesar 3,29 juta ton CO2 melalui proyek PLN.

Selain itu, EMI juga akan berperan dalam dekarbonisasi 4,19 juta ton CO2 di luar PLN.

Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Bambang Hendroyono mengatakan Kementerian LHK mendukung penuh rencana PLN dalam mencapai target 23 persen porsi EBT dalam bauran energi.

Baca juga : Joss, Realisasi TKDN PLN Di Proyek Kelistrikan Capai Rp 35,32 Triliun

Kementerian LHK siap mendukung dengan beberapa program seperti dalam mendorong besar besaran program hutan industri untuk bioenergi.

Lalu, pengelolaan sampah 16 ton per hari menjadi listrik 234 MW. 

"Kami mendukung penuh cita cita bersama untuk mencapai net zero carbon. Oleh karena itu KLHK sangat terbuka untuk kerja sama bersama PLN dan stakeholder lainnya. Perlu transformasi dan strategi bersama untuk mengawal komitmen menjadi aksi nyata," ujar Bambang. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.