Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bank Sinarmas Bina Desa Organik Sukajaya Kelola Limbah Kotoran Hewan Ternak

Senin, 25 Oktober 2021 16:32 WIB
Pembinaan dan pelatihan ke Kelompok Obor Desa Organik Sukajaya (ODOS) yang dibina Bank Sinarmas. (Foto: Istimewa)
Pembinaan dan pelatihan ke Kelompok Obor Desa Organik Sukajaya (ODOS) yang dibina Bank Sinarmas. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
"Selanjutnya, kami bersama kelompok Obor dan masyarakat desa Sukajaya akan mengembangkan dan memperluas program sinergi kami ke arah pelestarian lingkungan,” ujarnya.

Para peternak sapi, petani, anak muda, dan beberapa ibu rumah tangga anggota PKK Desa Sukajaya terlibat langsung dalam usaha pengolahan limbah peternakan sapi segar menjadi media tanam Briket OBOR.

Kegiatan pengolahan limbah peternakan ini dimulai oleh ODOS yang mendapat pembinaan langsung dari Bank Sinarmas. Menggunakan teknologi basis konsorsium mikroorganisme lokal (MOL) Bio Compound sejak Januari 2020.

Baca juga : BCA Syariah Bidik Pembiayaan KPR Di Kota Baru Parahyangan

Teknologi ini membuat kotoran sapi segar bisa diolah lebih singkat dengan proses pembuatan briket cetak selama 5-7 hari, tanpa bau, tanpa gas metan, aman bagi lingkungan, dan tersertifikasi organik.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengubah pola pikir peternak wilayah Desa Sukajaya untuk stop buang limbah peternakan ke saluran air dan mengolahnya menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi, dengan dampak positif bagi lingkungan," tuturnya.

Seluruh rangkaian kegiatan ini merupakan implementasi nyata 17 butir Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam mewujudkan kemandirian pangan sehat berbasis kearifan lokal.

Baca juga : Cadangan Devisa Naik, Rupiah Ikutan Perkasa

Kegiatan olah limbah ini mendapat dukungan dari pihak Desa Sukajaya, DKPP Provinsi Jawa barat, Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU), dan instansi pendidikan di Bandung.

Dalam kesempatan kegiatan ini pula Bank Sinarmas menyalurkan wakaf 100 mushaf Alquran untuk warga Desa Sukajaya.

“Saya sangat mendukung dengan program CSR dari Bank Sinarmas ini, semoga Desa Sukajaya menjadi desa percontohan untuk desa-desa lain yang masyarakatnya mempunyai peternakan sapi, supaya Kohe (Kotoran Hewan) tidak mencemari lingkungan," jelas Plt Bupati Bandung Barat yang saat ini juga menjadi Plt Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Barat, Sonya Fatmala. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.