Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sandi Jadi Wisatawan Pertama Desa Nglanggeran Setelah Pandemi

Senin, 25 Oktober 2021 21:22 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. (Foto: Kemenparekraf)
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. (Foto: Kemenparekraf)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi pengunjung pertama di Desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Daerah wisata ini sebelumnya tutup selama pandemi Covid-19, sekitar 1,5 tahun.

Desa Wisata ini memiliki wisata edukasi berbasis wisata alam, budaya, dan edukasi dari kearifan Gunung Api Purba. Desa Wisata Nglanggeran pernah dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik ASEAN pada 2017 dengan konsep Community Based Tourism (CBT).

Baca juga : Sandiani Arief, Komentari Harga Cukur Sang Suami

Berdasarkan keterangan yang diterima redaksi, Senin (25/10), saat tiba di lokasi, Sandi bersama rombongan disambut tarian reog khas Nglanggeran. Sandi tampak menikmati tarian reog yang dibawakan warga Desa Nglanggeran, yang rata-rata berprofesi sebagai petani. Hanya di waktu senggang mereka ikut berkesenian dengan tampil di Desa Wisata.

Di akhir tarian, Sandi turun untuk bersalaman dan mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan warga kepada dirinya. Sebagai apresiasi, Sandi juga memberikan saweran kepada 15 orang penari tersebut. 

Baca juga : Menpora Dipuji Karena Banyak Bikin Kompetisi Di Tengah Pandemi

Beres menyaksikan tarian reog, Sandi, yang memiliki hobi olahraga, diajak tracking Gunung Api Purba dengan menaiki 100 anak tangga dan melihat sejarah yang tersimpan di dalamnya. Sandi lalu turun menuju area Embung Nglanggeran menggunakan PaJeRo (Panas Njebo Njero), yang merupakan alat transportasi wisata khas Nglanggeran. Kendaraan ini mirip dengan yang ada di film “Thilik, Ibu Tejo” yang sempat viral tiga tahun lalu.

Sandi mengatakan, Desa Wisata Nglanggeran ini menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang Internasional Best Tourism Village yang digelar Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO). Bahkan, sebelum menjadi nominasi ajang UNWTO, Desa Wisata Nglanggeran telah meraih banyak penghargaan baik nasional maupun internasional. Salah satunya ialah terpilih menjadi desa wisata berkelanjutan terbaik dalam ajang yang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama 12 desa wisata yang lain di Indonesia.

Baca juga : Airlangga Janji Tetap Setia Pada Jokowi

“Saya meminta Prof Azriel selaku Dewan Juri ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) untuk membina dan mendukung desa ini di UNWTO go internasional,” ucap Sandi. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.