Dark/Light Mode

Jangkauan Internet Tinggi

Linksys Velop Cocok Buat Startup Dan Pemerintah

Minggu, 26 Mei 2019 08:21 WIB
Linksys Velop. (Istimewa)
Linksys Velop. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Linksys Indonesia menilai kebutuhan internet di setiap perusahaan rintisan yang berbasis teknologi (startup) sangat tinggi. Begitu juga untuk setiap project government (pemerintahan).

Channels Sales and Marketing Manager Linksys Ivona Radit mengatakan, untuk menjawab kebutuhan internetan yang tinggi, perusahaan telah menghadirkan router nirkabel yang dinamakan Linksys Velop Whole Home WiFi untuk pasar Indonesia.

Alat ini diklaim cocok untuk kebutuhan startup ataupun usaha skala kecil menengah (UKM). Linksys juga sudah dimanfaatkan oleh projects government.

“Linksys Velop ini bisa dimanfaatkan berbagai UKM dan startup. Kita juga sudah memasok untuk kebutuhan government melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP),” kata Ivona di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Golkar Sepenuhnya Dukung Pemerintah

Alat tersebut sudah disematkan dengan teknologi anyar bernama Mesh System. Mesh merupakan teknologi teranyar untuk produsen WiFi internasional. Di mana teknologi ini mampu mempercepat kerja WiFi dengan jangkauan hingga 100 meter.

Alat ini pun manfaatnya diklaim mirip dengan perangkat Base Transceiver Station (BTS) yang besar. “Dengan Mesh WiFI System, jarak dan arah asal tidak terlalu banyak dihalangi tembok tebal posisi pengguna tak lagi menjadi masalah. Karena sifat Mesh ini seperti asap jadi setiap ada celah maka sinyal terhubung,” kata dia.

Linksys Velop Whole Home memiliki desain lebih fleksibel, ringan dan kecil, bila disanding￾kan dengan router sebelumnya. Satu paket Linksys Velop Whole terdiri dari tiga unit.

Untuk yang berukuran kecil AC berkapasitas 1.300 dan dua unit lagi yang berukuran 2.000. Per paket dibanderol Rp 7 jutaan. Per unit alat ini memiliki ka￾pasitas digunakan mencapai 30 perangkat yang bisa terhubung WiFi.

Baca juga : Pertamina dan ITB Sukses Jalankan Co-Processing di Kilang Pertamina Dumai

Jumlah maksimal ada 32 perangkat yang bisa memanfaatkan WiFi dari router Linksys, jika lebih dari itu akan bekerja tidak maksimal. Alat ini bisa disambungkan dengan kabel modem langsung ke berbagai provider yang tersedia.

Product Support Specialist Teguh Prasetyo Mulyo menambahkan, kebutuhan internet tidak hanya di perusahaan IT dan startup saja, tapi UKM dan pemerintahan sangat membutuhkan internet. Untuk pemasangan tidak perlu teknisi khusus.

Konsumen tinggal menginstal aplikasi Linksys yang tersedia di Google Play Store. “Setelah download, pengguna tinggal ikuti langkah berikutnya di dalam aplikasi,” terang Teguh.

Jangkauan internet yang luas dan bisa dipakai oleh banyak pengguna melalui perangkat smartphone atau computer membuat alat ini layak dimanfaatkan perusahaan dan pemerintahan.

Baca juga : Pesantren Jadi Mitra Strategis Jalankan Program Pemerintah

“Sejak dikenalkan tahun lalu sudah beberapa memesan untuk kebutuhan government dan kebanyakan masih perusahaan yang memanfaatkannya,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa router ini memiliki beragam keunggulan yang tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan tapi juga untuk kebutuhan pasar rumah tangga. Alat ini bisa membatasi penggunaan internet untuk anak-anak di rumah.

Para orang tua bisa membatasi situs-situs yang ingin dibuka anak-anak tanpa menyentuh gadget milik si anak. “Mudah digunakan oleh ibu rumah tangga untuk mengawasi anak yang hobi internetan,” terangnya.

Di dalam aplikasi itu, pengguna bisa melihat siapa saja atau perangkat mana saja yang menggunakan wifi di rumah. Jika salah satunya adalah perangkat yang sering digunakan anak, tinggal kick saja. “Nggak perlu jago teknik komputer orang yang tahu sedikit bisa menggunakan alat ini,” tukasnya. (JAR)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.