Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

WIKA Jalin Kerja Sama Pengembangan EBTKE Dengan UGM Dan Unisa Yogyakarta

Sabtu, 30 Oktober 2021 09:09 WIB
Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito (tengah) foto bareng Dirjen Dikti Nizam (kiri) dan Rektor UGM Panut Mulyono (kanan) usai penandatanganan MoU pengembangan EBTKE di Kampus UGM, Yogyakarta, Jumat (29/10). (Foto: Humas WIKA)
Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito (tengah) foto bareng Dirjen Dikti Nizam (kiri) dan Rektor UGM Panut Mulyono (kanan) usai penandatanganan MoU pengembangan EBTKE di Kampus UGM, Yogyakarta, Jumat (29/10). (Foto: Humas WIKA)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA menjalin kerja sama pengembangan energi bersih, baru, dan terbarukan serta konversi energi (EBTKE) di lingkungan kampus dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) dan dua perguruan tinggi.

Yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Aisyiah (Unisa) Yogyakarta.

 

Penandatanganan MoU kerja sama pengembangan EBTKE antara Direktur Utama PT WIKA Industri Energi Andi Nugraha (kanan) dan Rektor Unisa Yogyakarta Warsiti (kiri) di Kampus Unsyiah Yogyakarta, Jumat (29/10). (Foto: Humas WIKA)
 
 

Hal itu ditindaklanjuti melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama, antara Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito, Dirjen Dikti Nizam, dan Rektor UGM Panut Mulyono di Kampus UGM, Yogyakarta, Jumat (29/10).

Baca juga : HNW Ajak Kaum Perempuan Belajar Dari Sejarah

"Suatu kehormatan bagi WIKA, dapat berdiri beriringan membangun fundamental riset, sarana, dan prasarana berbasis energi terbarukan dengan Dikti dan perguruan tinggi," tegas Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito.

Dirjen Dikti Nizam berharap, pengembangan kerja sama Tridharma Perguruan Tinggi dan groundbreaking Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 2-3 MW di halaman Fakultas Teknik UGM dapat menjadi momentum dan motor pengungkit kerja sama strategis perguruan tinggi, serta pelaku industri. Dalam hal ini WIKA, untuk melakukan inovasi lebih intensif dalam energi listrik.

Lebih lanjut Nizam mengatakan, untuk menjadi negara berpenghasilan tinggi, salah satu faktor pendorongnya adalah masifnya inovasi melalui sinergi antara kampus dengan dunia industri, untuk mengembangkan PLTS.

"Melalui Gerakan Kampus Energi Terbarukan di UGM ini, Indonesia optimis dapat memenuhi target di tahun 2025 sebagai negara yang menggunakan energi terbarukan dengan capaian 23 persen," ujarnya.

Baca juga : Kemenpora-UI Jajaki Kerja Sama Bidang Pemuda Dan Olahraga

Rektor UGM Panut Mulyono menyambut baik kerja sama pengembangan EBTKE di kampusnya. UGM terang Panut, berusaha memperbanyak penggunaan energi surya untuk subtitusi sebagian kecil energi listrik yang dibangkitkan menggunakan energi batu bara.

"Untuk itu, kami menyampaikan komitmen menjadikan PLTS di kampus akan menjadi media pembelajaran, laboratorium riset, dan pengembangannya," ungkap Panut.

Selain UGM, penandatanganan MoU di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat juga dilakukan oleh perseroan, dalam hal ini diwakili Direktur Operasi Harum Akhmad Zuhdi dengan Rektor Universitas Aisyiyah, Yogyakarta, Warsiti.

“WIKA berkomitmen menjadikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya 200 kWp di kampus Unisa, sebagai sebuah medium pembelajaran laboratorium research and development,” jelas Harum yang juga didampingi oleh Manajemen PT WIKA Industri Energi. Antara lain Direktur Utama Andi Nugraha dan Direktur Pemasaran Puspita Anggraeni.

Baca juga : IMI Siapkan Pembangunan Bintan Motorsport

Warsiti berharap, sinergi WIKA - Unisa dalam bidang riset dan pengembangan EBTKE dapat berjalan efektif, efisien dan segera terealisasi.

"Civitas Akademika Unisa siap mendukung pemanfaatan green energy sesuai dengan program pemerintah untuk percepatan bauran energi terbarukan," pungkas Rektor Unisa, Warsiti. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.