Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Top, Dirut Pertamina Raih Penghargaan Asia-Pacific Women 2021

Selasa, 2 November 2021 22:44 WIB
Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati
Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati meraih penghargaan Asia-Pacific Women Empowerment Principles (WEPs) 2021 dalam kategori Leadership Commitment.

Chief Executive Officer (CEO) Pertamina ini diakui dunia yang berperan penting dalam mewujudkan komitmen yang kuat dari perusahaan untuk mendorong hadirnya kebijakan, peraturan atau praktik yang bertujuan memajukan kesetaraan gender di tempat kerja.

Pertama, dalam kategori Leader Commitment, Nicke dinilai telah membuktikan komitmennya sebagai pemimpin perusahaan yang mempunyai peran dan tanggung jawab spesifik untuk memajukan kesetaraan gender di lingkungan perusahaan. 

Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase perempuan yang menduduki posisi manajemen di perusahaan. 

Melalui komunitas Pertiwi (komunitas pekerja wanita Pertamina), Pertamina telah menjalankan program aksi edukasi dan sosialisasi mengenai kesetaraan gender. 

Baca juga : Dirut Pertamina Sabet Asia-Pacific Women Empowerment Principles 2021

Kedua, Nicke memastikan pentingnya kesetaraan gender untuk pertumbuhan bisnis. Melalui Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan Pekerja tegas tertulis, perusahaan memastikan tidak ada diskriminasi dalam pengembangan karier maupun rekrutmen SDM, pemberlakukan ketentuan cuti hamil dan cuti bagi pekerja pria saat istri melahirkan, mengakomodir penyeimbangan antara kepentingan keluarga pekerja dan pekerjaan. 

Selain itu, Pertamina juga aktif mempromosikan peran perempuan baik di lingkungan rumah maupun di pekerjaan, memastikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan pekerja baik perempuan maupun laki-laki, memastikan lingkungan kerja bebas dari kekerasan, pelecehan dan eksploitasi seksual (zero harassment), serta mendorong kesadaran di tingkat masyarakat dalam kesetaraan gender. 

Ketiga, Nicke juga terus mendorong peran perempuan dalam menggerakkan perekonomian nasional melalui usaha kecil. 

Hal ini diwujudkan melalui program kemitraan dengan membina 22 ribu perempuan pengusaha UMKM disertai pendampingan dan pelatihan.  

Sebanyak 4.126 pengusaha perempuan diantaranya bergabung dalam Rumah BUMN Pertamina. Bahkan, Pertamina telah sukses mengantarkan 672 pengusaha perempuan mengembangkan pasar di dalam maupun luar negeri. 

Baca juga : Indonesia Power Raih Penghargaan Bergengsi SDG International Innovation Awards

Melalui mitra binaan  Pertamina tersebut, lebih dari 37 persen telah berkontribusi pada perekonomian nasional dan 9 persen bahkan mempekerjakan kaum disabilitas.

Tidak hanya itu, Pertamina juga telah mendirikan rumah aman bagi korban kekerasan, pelatihan bagi Ibu hamil, program sehati yang dikhususkan untuk kesehatan Ibu dan Anak. 

Di tengah pandemi, BUMN minyak dan gas bumi ini juga berkontribusi membangun Rumah Sakit Rujukan Covid-19 dan menyediakan ruang perawatan khusus untuk Ibu Hamil.

Penilaian Asia-Pacific WEPs 2021 ini melalui proses verifikasi dokumen pendukung, uji tuntas, dan penilaian para ahli yang profesional, kompeten dan memiliki pengetahuan mengenai praktik di sektor swasta yang secara berkelanjutan mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

“Kita patut bersyukur bahwa masyarakat dunia telah mengakui komitmen Pertamina dalam mendorong  gender equality. Agar perempuan-perempuan Pertamina dapat berperan sebagai katalis yang mewarnai seluruh kebijakan dan program perusahaan,” ujar Nicke. 

Baca juga : Pertamina Diganjar Penghargaan Sebagai BUMN Informatif

Penghargaan dari Asia-Pacific WEPs 2021 ini semakin memotivasi Pertamina untuk memperkuat komitmen untuk menyaring bakat terluas dalam perusahaan usaha, meningkatkan daya saing perusahaan, memenuhi tanggung jawab perusahaan dan komitmen keberlanjutan, model perilaku dalam perusahaan mencerminkan harapan masyarakat terhadap perusahaan, karyawan, warga dan keluarga, serta mendorong pembangunan berkelanjutan di negara-negara tempat beroperasi.

“Pertamina juga akan terus mendorong kondisi ekonomi dan sosial yang memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan dan laki-laki,” tandasnya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.