Dark/Light Mode

Jalankan Instruksi Erick Thohir

BRI dan BNI Tancap Gas Kembangin Bank Digital

Kamis, 11 November 2021 06:50 WIB
Ilustrasi Bank Digital (Foto: Shutterstock).
Ilustrasi Bank Digital (Foto: Shutterstock).

 Sebelumnya 
Untuk itu, pihaknya telah mencapai kesepakatan awal untuk mengakuisisi bank tersebut, yang memiliki ekosistem kuat untuk dikembangkan menjadi bank digital.

“Kami akan menjalin mitra strategis yang berpengalaman dengan teknologi keuangan, yang menjadi faktor kunci dalam mengelola bank digital,” tegas Royke dalam paparan kinerja BNI Kuartal III-2021 secara virtual, Senin (25/10).

Royke belum secara spesifik mengungkap nama bank yang akan diakuisisi. Serta pihak-pihak mana saja yang terkait dalam pembentukan bank digital tersebut.

Baca juga : Erick Thohir Mau Buat Film Perjuangan

“Mohon maaf belum bisa disampaikan. Ke depan akan kami rinci secara gamblang kepada publik sesuai dengan peraturan pasar modal dan institusi keuangan,” jelasnya.

Nantinya, sambung Royke, bank digital akan fokus ke nasabah Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan operational cost yang murah. Alasannya, potensi UKM di dalam negeri, besar.

Selanjutnya untuk alokasi dana pembentukan bank digital ini, dipaparkan Royke, sudah masuk dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) 2021. Termasuk rencana anggaran untuk akuisisi.

Baca juga : Perjanjian RCEP, Peluang Masuknya Investasi Dan Pengembangan Ekonomi Digital

“Target ideal bank BUKU I atau II, berdasarkan klasifikasi sebelumnya, modal inti tak lebih dari Rp 3 triliun,” sebut mantan Bos Bank Mandiri ini.

Ia memastikan, proses akuisisi memiliki valuasi yang wajar. BNI memiliki kecukupan modal yang kuat, untuk melakukan ekspansi secara organik dan anorganik.

“Sehingga fundamental BNI akan sangat kuat, kami tidak akan burn money (bakar uang) di bank digital,” tutupnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.