Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi 4 Persen

Jaga Konsumsi Masyarakat, Bansos Jangan Berhenti Dulu

Minggu, 14 Nopember 2021 06:40 WIB
Ilustrasi Pertumbuhan ekonomi. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi Pertumbuhan ekonomi. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah optimistis target pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa mencapai kisaran 4 persen, seiring terjadinya pemulihan ekonomi pada kuartal IV-2021.

Menurunnya tren kasus Covid-19 juga membuat perekonomian diperkirakan terus membaik. Presiden Jokowi mengatakan, strategi rem dan gas pada masa pandemi dapat mengendalikan aktivitas secara terukur, sehingga memberikan ruang ekonomi tumbuh dan bergerak.

Strategi yang dimaksud adalah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang pengaturannya mengikuti tingkat penularan kasus pada satu daerah.

Berita Terkait : Indef: Ekspor Komoditas Kita Masih Berbasis SDA

“Penggolongan daerah dilakukan berdasarkan level penularan. Semakin rendah penularan, maka aturan mobilitas semakin renggang,” tutur Jokowi dalam The 2nd Regional Conference on Industrial Development di Jakarta, Rabu (10/11).

Jokowi mengatakan, strategi rem dan gas membuahkan hasil positif. Ini berimbahas pada sektor industri di Indonesia yang juga menunjukkan tren positif.

Menurut Jokowi, resiliensi perekonomian yang dilihat dari segi cadangan devisa, neraca perdagangan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar mata uang rupiah sudah relatif membaik.

Berita Terkait : Pekan Ini, Polisi Umumkan Tersangka Kasus Tabrakan Bus TransJakarta Di Cawang

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, pembatasan yang dilakukan tidak membuat sektor industri, terutama sektor esensial berhenti.

Pelaku industri justru ikut berpartisipasi dalam pengendalian pandemi supaya bisa membantu pemulihan pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, kasus aktif Covid- 19 secara harian juga berhasil ditekan hingga di bawah 500 kasus per hari.

Berita Terkait : Tari Saman Pukau Masyarakat Lebanon Di Downtown Beirut

“Ini hasil yang sangat baik. Negara lain masih terjadi ribuan kasus per hari,” kata Airlangga saat meresmikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (11/11).
 Selanjutnya