Dark/Light Mode

Tari Saman Pukau Masyarakat Lebanon Di Downtown Beirut

Minggu, 31 Oktober 2021 08:46 WIB
Para mahasiswa Indonesia menampilkan Tari Sama di Nations Day Festival, di Downtown Beirut, Jumat malam (29/10). (Foto: KBRI Beirut)
Para mahasiswa Indonesia menampilkan Tari Sama di Nations Day Festival, di Downtown Beirut, Jumat malam (29/10). (Foto: KBRI Beirut)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia bersama 11 Kedutaan Besar (Kedubes) negara-negara lain yang berada di Lebanon mengikuti Nations Day Festival yang diselenggarakan Beirut Golden Awards Association bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Pariwisata Lebanon, di Downtown Beirut, Jumat (29/10) malam waktu setempat. Kesebelas negara lain tersebut adalah Rusia, Bangladesh, Ukrania, India, Turki, Meksiko, Sri Lanka, Chile, Brasil, Tunisia , dan Aljazair.

Pada festival tersebut, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beirut menyajikan sejumlah sajian seni budaya, produk, dan kuliner yang memukau ratusan pengunjung. Untuk kuliner berupa jajanan pasar, seperti nutrijel, puding, dan kopi torabika khas Indonesia, yang dalam sekejap diserbu habis para pengunjung.

Baca juga : FKG Usakti Edukasi Masyarakat Deteksi Dini Kanker Mulut

Untuk seni budaya, KBRI menghadirkan Tari Saman oleh para mahasiswa Indonesia. Penampilan para mahasiswa Indonesia ini menarik perhatian semua orang yang hadir di acara tersebut, yang merupakan warga masyarakat Lebanon, khususnya para peserta dan undangan dari berbagai profesi antara lain pengusaha, kalangan diplomat, serta civitas akademika dari berbagai universitas yang ada di Lebanon.

Pada saat membuka kegiatan tersebut, Ketua Beirut Golden Awards Association Mohammad Halawani menyampaikan terima kasih kepada negara-negara peserta yang berpartisipasi. Dirinya menekankan, festival ini merupakan upaya untuk menghidupkan kembali Ibu Kota Beirut yang sedang mengalami banyak hal dan tantangan.

Baca juga : Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemprov Riau Kembangkan UMKM dan koperasi

“Kita ingin, dengan acara ini, melihat warna-warna kehidupan Beirut lagi. Kita juga sedang merencanakan festival lain di akhir tahun dan musim natal nanti," jelasnya, seperti keterangan KBRI Beirut yang diterima RM.id, Sabtu (30/10).

Kepala Fungsi Pensosbud KBRI Beirut Eddy Mulya menyampaikan, Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan hubungan kerja sama dengan Lebanon dalam berbagai bidang, khususnya bidang ekonomi, kesenian dan kebudayaan. Eddy senang melihat antusiasme masyarakat Lebanon di festival itu. Baginya, kegiatan itu merupakan momentum yang sangat baik untuk mengenalkan seni dan budaya Indonesia bagi khalayak di Lebanon, terutama para generasi mudanya.

Baca juga : Beri Penghargaan 6 Pemda, Mendag Harap Daerah Lain Terinspirasi

Di akhir acara, Eddy mewakili Dubes RI Beirut bersama dengan Dubes Negara-negara peserta atau perwakilannya, menerima Golden Awards sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan tinggi kepada Indonesia dan negara-negara lainnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.