Dark/Light Mode

Berkonsep Sport Tourism

ITDC Happy Sirkuit Mandalika Diresmikan Presiden Jokowi

Selasa, 16 November 2021 08:30 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan Sirkuit Mandalika, di KEK Mandalika. Peresmian ini dihadiri langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dan sejumlah undangan lainnya. (Foto: Dok. ITDC).
Presiden Jokowi saat meresmikan Sirkuit Mandalika, di KEK Mandalika. Peresmian ini dihadiri langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dan sejumlah undangan lainnya. (Foto: Dok. ITDC).

 Sebelumnya 
Selain itu, keberadaan sirkuit dan event balap motor ini akan semakin meneguhkan branding kawasan The Mandalika sebagai destinasi pariwisata, dengan konsep sport tourism terkemuka di Indonesia. Sekaligus, mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

“Semoga apa yang kami lakukan ini dapat membantu upaya pemerintah memulihkan industri pariwisata Indonesia pascapandemi,” harapnya.

Baca juga : Jamin Keandalan Listrik Di Sirkuit Mandalika, PLN Kerahkan 103 Personel

Sebagai informasi, event balap motor diproyeksikan mampu menciptakan multiplier effect yang besar bagi perekonomian Indonesia. Khususnya di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berdasarkan perhitungan, multiplier effect yang akan diperoleh, antara lain nilai ekonomi yang dibangkitkan dari satu event WSBK atau MotoGP mencapai Rp 500 miliar dan serapan tenaga kerja sebanyak 7.945 orang.

Baca juga : Bamsoet Happy Jokowi Jadikan Mandalika Destinasi Sport Automotive Tourism

Lalu, peningkatan produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dengan penambahan tenaga kerja sebanyak 3.000 orang, peningkatan kunjungan wisatawan ke Lombok hingga 19 persen dan adanya country branding bagi Indonesia.

Untuk itu, guna meningkatkan daya tarik kawasan The Mandalika, perseroan tidak berhenti hanya membangun sirkuit.

Baca juga : Hari Baik Untuk Andika Masih Dicari Presiden

“Atas bantuan semua pihak, pengembangan The Mandalika khususnya Pertamina Mandalika International Street Circuit dapat berjalan lancar,” tutupnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.