Dark/Light Mode

Progresnya Sudah 98,6 Persen

Jalan Bypass BIL-Mandalika Siap Diresmikan Jokowi

Kamis, 4 November 2021 23:45 WIB
Progresnya Sudah 98,6 Persen Jalan Bypass BIL-Mandalika Siap Diresmikan Jokowi

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat pembangunan Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL)- Kawasan Pariwisata Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) 

Pembangunan Jalan Bypass BIL-Mandalika sepanjang 17,363 kilometer akan segera diresmikan oleh Presiden Jokowi. Saat ini, progres 3 paket pekerjaan telah mencapai 98,6 persen. 

Hal itu disampaikan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) NTB, Reiza Setiawan saat meninjau pekerjaan Jalan Bypass BIL Mandalika, Kamis (4/11).

Baca juga : Habiskan Rp 706 Miliar, Jalan Bypass Lombok-Mandalika Rampung.

"Kalau jalur aspal sampai bandara sudah selesai dikerjakan dan sudah bisa dilewati. Rencananya, peresmian akan dilakukan di lokasi ikon Bypass BIL-Mandalika oleh Presiden. Mudah-mudahan, kondisi cuaca cerah saat peresmian nanti. Karena sudah seminggu ini selalu hujan," kata Reiza.

Dalam pekerjaan Jalan Bypass Mandalika ini, PUPR juga melibatkan masyarakat setempat melalui program padat karya. 

“Ada sekitar 100 orang yang dipekerjakan dalam pembangunan jalan bypass ini. Masyarakat pun sangat senang dengan adanya bypass ini,” ungkapnya.  
 
Lebih lanjut Reiza menjelaskan, pembangunan Jalan Bypass BIL–Mandalika dilakukan dalam 3 paket pekerjaan.  Paket I sepanjang 4,3 km digarap PT Nindya Karya-Bumi Agung (KSO), dengan nilai kontrak Rp 181 miliar .

Baca juga : Andika Atau Yudo, DPR Setia Menanti

Kemudian, Paket 2 sepanjang 9,70 km dikerjakan PT Adhi Karya – PT Metro Lestari Utama (KSO), dengan nilai kontrak Rp 321 miliar. Sedangkan Paket 3 sepanjang 3,38 km, digarap PT Yasa Patria Perkasa dengan nilai kontrak 138 miliar.

“Keseluruhan paket rata-rata progresnya sudah mencapai 98,6 persen. Insya Allah, November ini akan diresmikan," katanya.

Dijelaskan, pembangunan Bypass BIL–Mandalika bersumber dari APBN 2020-2021 dengan nilai kontrak total sekitar Rp 814 miliar. Jalan bypass ini dibangun untuk mendukung event Superbike pada pertengahan November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022. 

Baca juga : Pasca Kebakaran Lapas Tangerang, 64 Napi Diungsikan ke Masjid

Keberadaan jalan bypass ini akan mengurangi waktu tempuh dari Bandara Internasional Lombok menuju kawasan Mandalika, dari yang semula 30 menit menjadi 15 menit. 

"Jalan Bypass BIL-Mandalika juga akan dilengkapi overpass di 11 lokasi, 2 jembatan, dan 3 jembatan penyeberangan orang untuk memperlancar arus lalu lintas ekonomi dan memfasilitasi akses bagi warga sekitar," tuturnya. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.