Dark/Light Mode

Askar Kauny Bantu Pengungsi Gunung Semeru, mulai dari Rescue Hingga Recovery

Senin, 20 Desember 2021 18:01 WIB
Askar Kauny Bantu Pengungsi Gunung Semeru, mulai dari Rescue Hingga Recovery

RM.id  Rakyat Merdeka - Askar Kauny membantu masyatakat yang terkena gunung semeru dengan membentuk Dapur Umum yang menyediakan makanan gratis baik nasi, lauk pauk hingga makanan pendamping terutama wilayah Lumajang dan sekitarnya masih lumpuh karena masih banyak lokasi tertutup erupsi semeru, salah satunya Jembatan Gladak Perak Bencana Semeru. Setelah beberapa kali erupsi dan guguran debu, pada Ahad (19/12) terjadi hujan debu kembali.

Koordinator lapangan Askar Kauny, Muhammad Muslik mengatakan, Askar Kauny tanggap bencana dengan melakukan berbagai program kebencanaan. "Sejak awal bencana hingga saat ini, Askar Kauny menurunkan tim SAR membantu evakuasi pencarian jenazah dan evakuasi perabotan warga,"ujarnya.

Baca juga : Menko Polhukam Pastikan Bantu Relokasi Pengungsi Semeru

Selain Dapur Umum, lanjut dia, Askar Kauny juga membentuk Dapur Segar yang sifatnya lebih mobile agar dapat menjangkau banyak orang. Hingga saat ini, ujar Muslik, sekitar 2.800 porsi makanan sudah dibagikan dengan sekitar 5.000 penerima manfaat. "Saat ini pengungsian tidak terpusat. Masih banyak pengungsi yang menginap di rumah kosong atau saudaranya jadi lebih susah untuk mengidentifikasi penyintas,"ujarnya.

Askar Kauny juga membagikan Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamax secara gratis. Sebanyak 1.000 liter akan dibagikan di dua titik terdampak bencana.  Askar Kauny juga melakukan layanan psikososial guru ngaji di 15 titik dengan 439 penerima manfaat. Askar Kauny juga melakukan Tebar Quran dan Iqro di 11 titik dengan 396 penerima manfaat. "Tim relawan Guru Ngaji yang istiqomah berkeliling posko untuk memulihkan trauma anak dengan Quranic Healing,"ujarnya.

Baca juga : Sharp Salurkan Bantuan Bagi Pengungsi Erupsi Gunung Semeru

Selain guru ngaji, lanjut dia, Askar Kauny menyediakan imam untuk salat. Askar Kauny juga menebar peralatan solat serta buku bacaan. "Kami juga melakukan door to door untuk menebar selimut, bantal, obat-obatan, masker dan handuk,"ujar Muslik.

Askar Kauny juga melakukan layanan recovery bencana baik jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendek, Askar Kauny melakukan layanan cleaning fasilitas ibadah, pendidikan dan rumah warga. Menurut Direktur Program Askar Kauny, Hilal Achmad, program jangka panjang akan dibuat rumah Quran dan musola. "Memang harus direlokasi karena tidak bisa dipakai lagi,"ujar Hilal.

Baca juga : Yayasan Wings Peduli Bantu Pengungsi Erupsi Gunung Semeru

Selain itu, Askar Kauny dalam jangka panjang akan ada pemberdayaan ternak dan tani untuk penyintas bencana Semeru. Bentuknya lebih kepada pembelian hewan ternak dan permodalah untuk bibit dan juga pupuk. "Jazakumullah ahsnal jaza kami haturkan kepada para muhsinin yang terus membersamai kami dalam membantu penyintas Erupsi Semeru,"ungkap Hilal. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.