Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Universitas Trilogi Berikan Pelatihan Literasi Perpajakan Bagi UMKM

Selasa, 21 Desember 2021 10:50 WIB
Dosen Akuntansi Universitas Trilogi saat menyampaikan materi perpajakan kepada pelaku UMKM
Dosen Akuntansi Universitas Trilogi saat menyampaikan materi perpajakan kepada pelaku UMKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangat mempengaruhi pada pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) di Indonesia. Akan tetapi, pengaruh yang positif pada PDB tersebut tidak berkorelasi dengan penerimaan pemerintah dari sektor pajak, hal ini disebabkan bukan karena ketidakpatuhan tetapi masih minimnya pengetahuan para pelaku UMKM terhadap literasi perpajakan.

Untuk itu, Program Studi Akuntasi Universitas Trilogi merasa perlu untuk terus memberikan pelatihan mengenai literasi perpajakan bagi UMKM. Salah satunya adalah kelas pendampingan yang dilakukan dosen akuntasi yang diwakili oleh Rizka Ramayanti dan Nurul Aisyah Rachmawati kepada salah komunitas UMKM dan Pelaku Desa Wisata yang berada di bawah Forum Komunikasi Desa Wisa Bali.

Baca juga : Di Medan, Sub Holding Gas Pertamina Beri Pelatihan Desain Grafis Kepada 10 Anak Muda

"Kita melihat bahwa tidak optimalnya penerimaan pemerintah dari sektor pajak disebabkan oleh rendahnya pengetahuan dan kesadaran pajak para pelaku UMKM. Hingga akhirnya, hal tersebut akan berimbas pada rendahnya kepatuhan pelaku UMKM dalam memenuhi kewajiban perpajakannya," tutur Rizka Ramayanti.

Sementara itu, Nurul Aisyah Rachmawati menambahkan bahwa kegiatan ini juga merupakan bagian dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Akuntansi Universitas Trilogi.

Baca juga : Gandeng Microsoft, Bukalapak Beri Pelatihan Gratis Ke UMKM

"Program Studi Akuntansi Universita Trilogi memandang bentuk pengabdian kepada masyarakat harus memberikan nilai kemanfaatan, dalam hal ini adalah bagi UMKM. Kami memandang salah satu yang harus menjadi landasan penting untuk dipahami para pelaku UMKM dalam menjalankan dan mengelola usahanya adalah literasi perpajakan," jelas Nurul Aisyah Rachmawati.

Sebagai tambahan, Kegiatan pelatihan literasi perpajakan ini dilaksanakan selama tiga hari ini mengulas materi mengenai kewajiban dan hak perpajakan UMKM, mekanisme penghitungan pajak UMKM, dan perencanaan pajak UMKM. Tidak hanya memperkuat sisi akademik mahasiswa dalam pembelajaran, lulusan dari Program Studi Akuntansi Universitas Trilogi juga dirancang untuk menjadi influencer dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pajak termasuk kesadaran UMKM di Indonesia. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.