Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rentan Terpapar Covid-19, FKG Usakti Bantu Proteksi Pekerja Kantin RS dengan PANDAKU

Selasa, 25 Januari 2022 16:24 WIB
Rentan Terpapar Covid-19, FKG Usakti Bantu Proteksi Pekerja Kantin RS dengan PANDAKU

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada masa pandemi ini, Rumah sakit merupakan salah satu tempat dengan risiko penularan COVID-19 yang tinggi, terutama di area kantin rumah sakit karena pengunjung akan melepaskan masker untuk makan/minum. Hal ini menyebabkan pekerja kantin rumah sakit berisiko tinggi terpapar virus COVID-19, sehingga sangat penting untuk melakukan proteksi diri dengan baik dan benar agar tidak tertular COVID-19 mengingat bahwa kasus positif mulai kembali meningkat terutama dengan adanya varian baru yaitu Omicron.

Hal tersebut dikatakan dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) drg. Magdalena Juliani Hardja Buntara, M.Kes. Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) FKG Usakti bekerjasama dengan Komunitas Pekerja Kantin Rumah Sakit (RS) Jabodetabek dan Banten.

"Para pekerja kantin rumah sakit juga perlu diberi penyuluhan mengenai cara menjaga kebersihan gigi dan mulut karena adanya beberapa keluhan mengenai kondisi gigi mereka dan ketakutan berkunjung ke dokter gigi di kala pandemi. Adaptasi kebiasaan baru sangatlah diperlukan agar masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa dengan kemungkinan kecil atau tanpa terinfeksi virus COVID-19" Jelas Magdalena yang juga ketua PkM, dihadapan puluhan pekerja kantin Rumah Sakit secara virtual (16/1) lalu .

Menurutnya, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) FKG Usakti ini memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para pekerja kantin dari beberapa rumah sakit di Jakarta, Tangerang dan Cikarang untuk mengurangi resiko para pekerja kantin tertular COVID-19 serta untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulutnya.

Mengambil tema" Pendidikan dan Pelatihan Proteksi Diri Saat Adaptasi Kebiasaan Baru dengan PANDAKU (PAstikan jaga jarak, Nyok cuci tangan, Disiplin memakai masker, Ayo vaksinasi, KUmur dan sikat gigi)". Kegiatan tersebut berlangsung selama 90 menit dengan memberikan materi, video, pelatihan, dan diskusi.

Baca juga : Wagub DKI Klaim Orangtua Restui PTM Tetap Berjalan

Dengan PANDAKU, Tim PKM FKG Usakti mengajak pekerja kantin, terutama yang tinggal bersama dengan lansia dan balita, diharapkan dapat memutus rantai penyebaran COVID-19 di klaster rumah sakit serta meningkatkan kebersihan serta kesehatan gigi dan mulutnya.

Pada PkM ini anggota tim terdiri dari dosen yang berasal dari 3 prodi, yaitu prodi SKG, prodi Profesi Kedokteran Gigi, prodi PPDGS Konservasi Gigi, dengan mahasiswa program profesi Kedokteran Gigi, residen PPDGS Konservasi Gigi, alumni FKG Universitas Trisakti, serta tenaga kependidikan (TPG). Adapun Tim Pengabdian Kepada Masyarakat ini terdiri dari:

1. drg. Magdalena Juliani Hardja Buntara, M.Kes (Ketua)

2. Dr. drg. Didi Nugroho Santosa, M.Sc (Anggota)

3. Dr. drg. Rr. Asyurati Asia, M.Kes (Anggota)

Baca juga : Ketua Harian Satgas Covid -19 Kota Bandung Dicopot, DPRD: Jangan Buat Kegaduhan

4. drg. Selviana Wulansari, SpKG(K) (Anggota)

5. drg. Levina Handayani Wibowo (Anggota)

6. drg. Laurencia Angelina, MM (Anggota)

7. Catherine Rahayu, SKG (Anggota)

8. Della Puspita Arini, SKG (Anggota)

Baca juga : Direksi Terpapar Covid-19, PLN Tetap Pastikan Pengamanan Pasokan Batubara Untuk PLTU

9. Charyne Alika Savitri, SKG (Anggota)

10. Dwi Saputro, S.Kom (Anggota). [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.