Dark/Light Mode

Kesejahteraan yang Baik, untuk Pelayanan yang Terbaik

Senin, 7 Februari 2022 18:23 WIB
Kesejahteraan yang Baik, untuk Pelayanan yang Terbaik

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan dan pegawai pada hakekatnya saling membutuhkan. Pegawai adalah aset perusahaan karena tanpa adanya sumber daya manusia maka perusahaan tidak akan bisa berjalan. Untuk menciptakan sumber daya manusia yang kompeten, perusahaan perlu memperhatikan kesejahteraan pegawainya. Pentingnya kesejahteraan pegawai salah satunya adalah untuk meningkatkan motivasi, semangat kerja, dan meningkatkan loyalitas pegawai terhadap perusahaan, serta memberikan kehidupan dan kesehatan yang lebih baik bagi pegawai. Dengan kesejahteraan yang baik, maka pegawai dapat memberikan kinerja yang maksimal dalam mencapai tujuan perusahaan.

Manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkomitmen untuk selalu menyejahterakan pegawainya. Salah satu bentuk kesejahteraan tersebut adalah dengan memberikan fasilitas dan layanan kesehatan yang terbaik. "Manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkomitmen untuk selalu menyejahterakan pegawainya. Salah satu bentuk kesejahteraan tersebut adalah dengan memberikan fasilitas dan layanan kesehatan yang terbaik," ungkap VP PR KAI, Joni Martinus.

Di masa pandemi ini, salah satu wujud tanggung jawab KAI yaitu melindungi pegawai adalah dengan memfasilitasi mereka untuk mendapatkan vaksin. Saat ini, 100% pegawai KAI yakni sebanyak 29.167 orang telah diberikan vaksinasi primer covid 19 (dosis 1 dan 2) Sementara vaksin booster hingga saat ini sudah diberikan kepada 13.872 pegawai dan akan terus bertambah menyesuaikan dengan jadwal vaksin para pegawainya secara bertahap. Bukan hanya kepada pegawai, layanan vaksin Covid juga diberikan kepada keluarga pegawai. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya KAI untuk melindungi pegawai dan keluarganya di masa pandemi Covid-19 dan mempercepat terbentuknya herd immunity, sehingga pegawai tetap dapat memberikan pelayanan terbaik dan aman kepada seluruh pelanggan kereta api.

Baca juga : Mau Pilih Pesantren Yang Aman Dan Baik Untuk Anak, Ini Tips Dari Kemenag

KAI sangat peduli atas kesehatan pegawainya terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini. Untuk itu, lanjut Joni, KAI selalu rutin setiap tahun mengadakan program Medical Check Up (MCU) untuk para pegawainya dan tindak lanjut pendalaman dan pengobatan hasil MCU. MCU sendiri adalah pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini dari pegawainya, sehingga KAI dapat menentukan kemampuan pegawainya dalam melakukan suatu pekerjaan yang dilihat dari sisi kesehatan. Hal ini penting untuk mencegah penyakit atau kecelakaan yang mungkin ditimbulkan akibat bahaya yang muncul di lingkungan kerja.

Selama tahun 2021, telah dilakukan MCU kepada 27.259 pegawai dengan persentase 99,94%. Adapun dari 0,06% pegawai yang tidak mengikuti MCU, mayoritas karena sedang cuti sakit panjang dan dalam pengawasan Unit Kesehatan KAI.

KAI juga mempunyai 54 klinik kesehatan internal yang diberi nama Klinik Mediska yang tersebar di wilayah Daop dan Divre Klinik Mediska memberikan pelayanan fasilitas kesehatan berstandar klasifikasi klinik rawat jalan pratama dengan jenis pelayanan kesehatan diantaranya pemeriksaan kesehatan umum, pelayanan kesehatan gigi, pelayanan dokter spesialis, pelayanan kesehatan ibu dan anak, pelayanan KB, konsultasi kesehatan, pelayanan kefarmasian, pelayanan prolanis Klinik mediska sendiri memiliki tenaga kesehatan profesional dan andal yang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis, bidan, perawat, apoteker, asisten apoteker, dan hiperkes Seluruh pegawai KAI aktif dan keluarga yang telah terdaftar dan tertanggung di perusahaan sebagai penerima hak JPKP dapat memanfaatkan layanan di Klinik Mediska dengan menunjukan kartu Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Perusahaan (JPKP), KMF atau BPJS Kesehatan.

Baca juga : Jelang Kejuaraan Bulutangkis Asia 2022, Ini Kesiapan Gregoria Dan Chico

Selain melayani para pekerja KAI, Klinik Mediska juga melayani pensiunan, keluarga pensiunan dan masyarakat umum dengan menggunakan BPJS Kesehatan dengan memilih klinik mediska sebagai klinik PPK 1 nya Kehadiran Klinik Mediska membawa misi untuk menyediakan pelayanan kesehatan secara komprehensif melalui pelayanan yang berkualitas, profesional serta memberikan pelayanan kesehatan dengan fasilitas dan teknologi modern. Memberikan fasilitas kesehatan bagi pegawai sangatlah penting. jika kesehatan pegawai terjamin, maka produktivitas pegawai lebih terjaga. Imbasnya tentu pada kemajuan bisnis itu sendiri. Di samping memajukan bisnis, hal tersebut juga dapat membangun loyalitas pegawai terhadap perusahaan. Mereka akan merasa tidak hanya dilihat sebagai angka. Kultur perusahaan pun menjadi lebih sehat dan humanis.

Dalam hal pelayanan rawat jalan tingkat pratama,tingkat lanjutan dan rawat inap di fasilitas kesehatan kerjasama dengan fasilitas JPKP bagi pekerja kai dan keluarga yang telah terdaftar dan tertanggung perusahaan sebagai penerima manfaat JPKP, PT KAI saat ini telah bekerja sama dengan 425 provider kesehatan terdiri dari 325 rumah sakit type A,B dan C yang tersebar di Daop dan Divre, demikian juga dengan layanan di 48 Labolatorium, 26 Optik, dan pelayanan pratama di 53 Klinik Kerjasama Dokter Keluarga.

Dengan mengutamakan kesehatan dalam bekerja, diharapkan pelayanan kepada pelanggan pun akan meningkat. Karena kepuasan pelanggan adalah hal yang terus dijaga oleh KAI dan salah satu semangat bagi segenap insan KAI untuk memberikan pelayanan terbaik. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.