Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Serahkan Dokumen, Jadikan Jamu Warisan Budaya Tak Benda Indonesia ke UNESCO

Senin, 14 Maret 2022 18:32 WIB
(Dari kanan) Konsultan Penelitian dan Penulis Dokumen ICH 02, Gaura Mancacaritadipura, Wakil Sekretaris Jendral 4 GP Jamu & Tim Kerja Nominasi Budaya Sehat Jamu, Kusuma Ida Anjani, Ketua Umum GP Jamu, Dwi Ranny Pertiwi Zarman, Peneliti, mewakili Ketua Tim Kerja Nominasi Budaya Sehat Jamu, Erwin J Skripsiadi dan Sutradara film dokumenter, Dara Bunga Rembulan
(Dari kanan) Konsultan Penelitian dan Penulis Dokumen ICH 02, Gaura Mancacaritadipura, Wakil Sekretaris Jendral 4 GP Jamu & Tim Kerja Nominasi Budaya Sehat Jamu, Kusuma Ida Anjani, Ketua Umum GP Jamu, Dwi Ranny Pertiwi Zarman, Peneliti, mewakili Ketua Tim Kerja Nominasi Budaya Sehat Jamu, Erwin J Skripsiadi dan Sutradara film dokumenter, Dara Bunga Rembulan

RM.id  Rakyat Merdeka - Budaya Sehat Jamu sudah ditetapkan sebagai Warisan tak Benda Indonesia dan dipersilahkan untuk mendaftarkan diri sebagai nominasi Warisan Tak Benda Dunia oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, melalui SK No. 362/ M/2019 Tentang Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Tahun 2019, sehingga sudah layak dan tepat jika dinominasikan ke tingkat dunia di tahun ini.

Ketua Umum GP Jamu Dwi Ranny Pertiwi Zarman, mengatakan Tim Kerja Nominasi Budaya Sehat Jamu, telah resmi menyerahkan beberapa dokumen seperti yang sudah disyaratkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada 14 maret 2022.

Baca juga : Kesetaraan Gender Buat Indonesia Semakin Berdaya

"Tim Kerja Nominasi Budaya Sehat Jamu, telah bekerja keras menyusun dokumen terkait Intangible Cultural Heritage (ICH-02) yang diserahkan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) yang selanjutnya akan diteruskan kepada pihak UNESCO, nominasi form ICH 02 sejak bulan Juni 2021. Tim telah bekerja sesuai dengan standard UNESCO, mendengar langsung dari komunitas Budaya Sehat Jamu. Tim sudah berkeliling ke 4 Provinsi di Indonesia (Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan DKI Jakarta) dan mewawancarai ratusan pelaku langsung dari komunitas Budaya Sehat Jamu, jelas Dwi dalam konfrensi pers di Gedung Mustika Ratu, Jakarta, Senin (14/3).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Sekretaris Jendral 4 GP Jamu & Tim Kerja Nominasi Budaya Sehat Jamu, Kusuma Ida Anjani mengucapkan terimakasih atas kerja keras tim dan dukungan dari beberapa ilmuwan dan budayawan seperti Dr. BRA Mooryati Soedibyo, Jaya Suprana dan masih banyak lagi, sehingga dokumen ICH 02 sesuai dengan standard UNESCO.

Baca juga : Sah, Andi Sudirman Sulaiman Jadi Gubernur Termuda Se-Indonesia

“Tak hanya momentum yang tepat. Budaya sehat Jamu juga memberikan sumbangsih dalam United Nations SDGs 2030. Budaya sehat Jamu merepresentasikan; goal ke 3, Good Health and Well Being for All. Selain itu, jamu juga memberikan sumbangsih ke goal ke 5- Gender Equality, goal ke 12-Responsible Comsumption and Production dan goal ke 15-Life on Land, bahkan ditengah pandemi bahan baku jamu sangat diminatu masyarakat” katanya.

Adapun Tim Kerja Nominasi Budaya Sehat Jamu yang hadir pada konfrensi pers yaitu Konsultan Penelitian dan Penulis Dokumen ICH 02, Gaura Mancacaritadipura, Wakil Sekretaris Jendral 4 GP Jamu & Tim Kerja Nominasi Budaya Sehat Jamu, Kusuma Ida Anjani, Ketua Umum GP Jamu, Dwi Ranny Pertiwi Zarman, Peneliti, mewakili Ketua Tim Kerja Nominasi Budaya Sehat Jamu, Erwin J Skripsiadi dan Sutradara film dokumenter, Dara Bunga Rembulan.

Baca juga : UNESCO Dan IUCN RMM Kunjungi Taman Komodo Dan Situs Warisan Dunia Di Indonesia

Ida Anjani berharap kerjasama tim kerja serta dukungan dan restu dari pemerintah dan juga seluruh masyarakat Indonesia. UNESCO dapat menetapkan jamu sebagai Warisan Tak Benda Dunia yang akan diumumkan pada akhir tahun 2022.

Sebagai tambahan, Tim juga sudah membuat film documenter, yang menjadi lampiran utama dari dokumen ICH 02. Dokumen yang dikirimkan juga sudah di verifikasi langsung oleh komunitas Budaya Sehat Jamu secara offline di pendopo Kabupaten Sukoharjo dan juga secara online dari berbagai daerah. Pengusulan Budaya Sehat Jamu adalah wujud upaya Panjang, telaten dan tak kenal lelah. Upaya ini sudah digagas sejak tahun 2013. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :