Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Piala Dunia Qatar 2022

Italia Cuma Jadi Penonton

Sabtu, 26 Maret 2022 07:00 WIB
Timnas Italia. (Foto: Reuters).
Timnas Italia. (Foto: Reuters).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pil pahit harus ditelan Italia. Untuk kedua kalinya, Gli Azzurri gagal lolos ke Piala Dunia setelah kalah dari Makedonia Utara 0-1 di play off kualifikasi Piala Dunia zona Eropa.

Italia tampil buruk dan berujung tidak lolos Piala Dunia Qatar 2022. Pemenang Piala Dunia empat kali itu tercengang ketika Aleksandar Trajkovski yang dulu bermain sepak bola klub di Kota Sisilia-melepaskan tembakan melewati Gianluigi Donnarumma pada menit kedua injury time, yang menjadi satu-satunya gol di laga itu.

Ini kali kedua beruntun Azzurri gagal lolos ke Piala Dunia setelah gagal lolos pada 2018 di Rusia, saat kalah dalam play off dari Swedia.

Baca juga : Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Italia Tersingkir, Portugal Jaga Asa

Hal itu menjadi pengalaman menyakitkan bagi sebuah negara yang sebelumnya telah mengikuti setiap turnamen sejak tahun 1958, dan baru saja menjadi jawara Piala Eropa 2020 dengan rekor dunia 37 pertandingan tak terkalahkan.

Tetapi empat hasil imbang dalam lima pertandingan kualifikasi terakhir membuat mereka finish kedua di grup dan harus melewati babak play off.

“Sulit dijelaskan, ini kekecewaan besar. Kami telah membuat kesalahan sejak September dan kami telah membayarnya. Kami putus asa,” kata Kapten Italia Giorgio Chiellini.

Baca juga : KKP Dorong Rumput Laut Jadi Penggerak Ekonomi

Bahkan, Pelatih Italia Roberto Mancini kehilangan kata-kata menyusul kekalahan mengejutkan dari Makedonia Utara. Secara keseluruhan, dia menilai timnya mendominasi permainan sepanjang pertandingan.

Namun ketatnya pertahanan Makedonia yang digawangi Stole Dimitrievski membuat Azzurri tak mampu mencetak gol hingga akhir pertandingan.

“Sulit mengatakan sesuatu sekarang, saya tidak tahu harus berkata apa. Musim panas lalu adalah kegembiraan yang paling indah, sekarang datang kekecewaan terbesar. Tidak mudah memikirkan hal-hal lain, saya sangat menyesal untuk para pemain,” kata Mancini.

Baca juga : Dibalik Dua Terowongan Kembar Pertama di Indonesia

Mancini masih belum bersedia membahas masa depannya sebagai pelatih Timnas Italia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.