Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dosen UMB Edukasi Masyarakat, Tangani Permasalahan Psikis Dengan Metode PFA

Minggu, 24 April 2022 21:45 WIB
Dosen UMB Edukasi Masyarakat, Tangani Permasalahan Psikis Dengan Metode PFA

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana (UMB) Berkolaborasi dengan Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, tenaga kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2) Jakarta Barat, mengadakan Pengabdian Masyarakat terkait Pengenalan Psychological First Aid (Dukungan Awal Psikologis) dengan peserta Pendidik dan Tenaga Kependidikan secara Daring/Online, kamis (14/4) lalu.

Pada webinar tersebut Dekan Fakultas Psikologi UMB Ibu Dr. Setiawati Intan Savitri memberikan sambutan dan dilanjutkan Kepala P2KPTK2 Jakarta Barat Riza Manfaluthi memberikan arahan dan membuka webinar tersebut.

Baca juga : Pemerintah Imbau Masyarakat Tak Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Dosen Psikologi UMB yang juga pembicara pada webinar tersebut Dr Arie Suciana Sriyanto, M.Si mengatakan Psychological First Aid (PFA) atau bantuan psikologis awal dapat dianalogikan sebagai P3K untuk ketidaknyamana psikologis.

"PFA diperlukan untuk mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan karena reaksi emosi dan pikiran setelah mengalami peristiwa stress tinggi (trauma)" , Jelasnya.

Baca juga : KSOP Marunda Salurkan CSR Ke Warga Marunda

Menurutnya, apabila gangguan psikologis tersebut tidak segera diatasi maka dampak serius jangka panjang, tidak hanya merugikan dirinya tapi orang lain. Bagi yang mengalami trauma atau dampak psikologis baik karena korban bencana alam, korban kriminalitas atau karena tekanan psikis di sekolah, pekerjaan atau lainnya harus segera di tangani oleh tenaga profesional kesehatan mental.

Dengan metode sederhana PFA, Arie Suciana berharap peserta webinar dapat memperoleh pengetahuan dan memberikan edukasi kepada orang terdekat atau lingkungan masyarakat apabila ada yang mengalami trauma, sehingga proses penyembuhan psikis dapat teratasi. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.