Dark/Light Mode

Kolaborasi UEU Bersama Arizona State Univerity-Cintana, Wujudkan World Class University

Senin, 27 Juni 2022 18:56 WIB
Kolaborasi UEU Bersama Arizona State Univerity-Cintana, Wujudkan World Class University

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Esa Unggul (UEU) menorehkan sejarah setelah resmi bergabung dan bearafiliasi dengan Arizona State University-Cintana pada tanggal 31 Mei 2022 lalu. Kerjasama strategis berjangka panjang yang tentunya akan berpengaruh pada perkembangan kampus Esa Unggul yang bereputasi dunia.

Pemerhati pendidikan dan International Consultant at SEAMEO RETRAC, Ho Chi Minh, Hafid Abbas memuji langkah Universitas Esa Unggul yang melakukan afiliasi dengan Arizona State University dan Cintana Alliance, dengan kerjasama ini UEU akan semakin berkembang guna menjadi Universitas Kelas Dunia (World Class University).

"Aliansi ini tentunya dapat membawa UEU sebagai PT dari peringkat terbaik ke-14 di Indonesia (Webometric 2021) menjadi universitas kelas dunia (world class university) disertai dengan jaringan globalnya, tentunya hal ini juga disertai dengan peningkatan program akademik berkualitas tinggi," tuturnya.

Baca juga : Guru Besar Universitas Pancasila: Pemindahan IKN Ikhtiar Wujudkan 4 Janji Proklamasi

Hafid pun mengatakan kerjasama UEU bersama ASU akan berlangsung dalam jangka panjang, kerjasama ini pun tidak hanya memfokuskan dalam peningkatan skala dan jumlah mahasiswa beserta tenaga akademiknya, namun lebih jauh akan meningkatkan mutunya menjadi perguruan tinggi berkelas dunia.

"Hal ini dapat dilihat dari aliansi dengan Universidad de Valle de Mexico (UVM) dari 2002 dengan jumlah mahasiswanya 35.000 dapat ditingkatkan menjadi 120.000, dan sekaligus menjadikan UVM sebagai PT peringkat kelompok 10 terbaik di antara sekian ratus PT di negara itu," terangnya.

Dirinya pun menerangkan dengan adanya kerjasama ASU Cintana di UEU menghadirkan satu model kerjasama yang unik tidak hanya di Indonesia tetapi juga bagi kawasan ASEAN. Model aliansi ini dapat memberi nilai tambah sebagai aset baru bagi model pengembangan kerjasama Perguruan Tinggi yang sudah ada di lingkup ASEAN saat ini.

Baca juga : Kemendagri Beri Arahan Strategi Percepatan Serapan Anggaran & Lelang Dini

"Aliansi UEU-ASU Cintana dalam wadah kebijakan Kampus Merdeka dapat berbagi pengalaman dan keunggulan dengan semua PT di tanah air atau di lingkup ASEAN.dalam kerangka kebijakan Kampus Merdeka sungguh satu momentum yang bersejarah di tengah proses ASEAN bergerak ke satu kawasan masyarakat tunggal secara politik, ekonomi, dan sosial budaya seperti halnya kawasan Uni Eropa saat ini.," terangnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Esa Unggul, Dr.Ir.Arief Kusuma Among Praja berharap dengan Afiliasi ini, UEU dapat mengakses praktik terbaik global dalam keunggulan akademik. Hal ini akan memungkinkan Universitas Esa Unggul untuk mengubah dirinya menjadi universitas internasional terkemuka di tanah air. Sebagai bagian dari komitmen Universitas Esa Unggul untuk menjadi perguruan tinggi kelas dunia, UEU akan bekerja sama dengan ASU-Cintana Alliance dan Arizona State University untuk memodelkan praktik pendidikan terbaik dari universitas-universitas pilihan di seluruh dunia.

"UEU akan memulai transformasi digital untuk memodernisasi pengalaman pendidikan untuk para mahasiswanya, meningkatkan dan mengembangkan kurikulum UEU, membuat program inovatif baru, dan memperluas peluang untuk kolaborasi-kolaborasi penelitian—semuanya merupakan upaya Universitas Esa Unggul untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif di lingkungan yang saat ini semakin global." tutupnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.