Dark/Light Mode

Guru Besar Universitas Pancasila: Pemindahan IKN Ikhtiar Wujudkan 4 Janji Proklamasi

Sabtu, 12 Februari 2022 20:17 WIB
Acara diskusi bertajuk Ibu Kota Baru Nusantara Adalah Indonesia, yang diselenggarakan Jakarta Journalist Center, Sabtu (12/2). (Foto: Zoom)
Acara diskusi bertajuk Ibu Kota Baru Nusantara Adalah Indonesia, yang diselenggarakan Jakarta Journalist Center, Sabtu (12/2). (Foto: Zoom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Pancasila, Agus Surono, meminta semua pihak mendukung pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Nusantara yang terletak di Kabupaten Penajam Paser, Kalimantan Timur.

"Terlepas pro dan kontra, saya mengatakan ini bagian dari ikhtiar mewujudkan empat janji proklamasi. Mewujudkan Pasal 18 di Undang-Undang Dasar 1945 tentang Otonomi Daerah. Otonomi Daerah itu pemerataan untuk kesejahteraan," ujarnya.

Pernyataan itu disampaikan di acara diskusi bertajuk "Ibu Kota Baru Nusantara Adalah Indonesia", yang diselenggarakan Jakarta Journalist Center, Sabtu (12/2).

Baca juga : KSP: Pemindahan IKN Kuatkan Komitmen Toleransi Di Indonesia

Undang-Undang IKN disahkan dalam rapat paripurna DPR-RI ke-13 masa sidang 2021-2022. Setelah terbitnya Undang-undang ibu kota negara, muncul pihak yang menolak pemindahan ibu kota tersebut.

Agus Surono menjelaskan, ketika sudah ada undang-undang, maka ini mengikat setiap warga negara. Meski begitu, setiap warga negara berhak untuk menguji materi dari undang-undang itu. Caranya, dengan mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Ketika sudah ada undang-undang maka ini mengikat setiap warga negara. Kalau substansi di-challenge, itu hak (warga negara) ada wadahnya. Silakan (menguji materi) dengan baik di MK," tutur Agus.

Baca juga : KSP: Pemindahan IKN Wujud Keseriusan Indonesia Hadapi Pemanasan Global

Hanya saja, dia mengingatkan semua pihak untuk mendiskusikan materi dari undang-undang tersebut. Jangan hanya debat kusir.

"Kalau mau debat dan diskusi substansi. Jangan non substansi, masukan konstruktif. Saya yakin mau menerima dengan baik. Sampaikan dengan sopan," saran dia.

Sementara itu, anggota DPR Hetifah Sjaifudian optimis, pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Nusantara akan berjalan lancar. Tapi, tetap perlu perencanaan dan langkah-langkah matang yang harus dilakukan.

Baca juga : Belasan Pemain Persib Positif Covid-19, Ridwan Kamil Ingatkan Pentingnya Prokes

"Buat perencanaan lebih cermat. Plan harus bagus banget. Harus sabar juga. Itu tidak cepat, tetapi dikerjakan step by step," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.