Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

CCEP Indonesia dan Forum Bank Sampah Kabupaten Bekasi, Edukasi Kelola Sampah Organik

Senin, 22 Agustus 2022 06:58 WIB
CCEP Indonesia dan Forum Bank Sampah Kabupaten Bekasi, Edukasi Kelola Sampah Organik

RM.id  Rakyat Merdeka - Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia), melalui operasional Bekasi 1 & 2 Plant, menyelenggarakan sosialisasi sekaligus pelatihan pengelolaan sampah organik di Masjid Baitul Makmur, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Rabu (10/8) lalu.

Kegiatan ini diselenggarakan berkat kerja sama dengan Forum Bank Sampah Kabupaten Bekasi, Kawasan Industri East Jakarta Industrial Park (EJIP), dan juga dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi. Sebanyak 120 peserta, para pengurus bank sampah-bank sampah unit yang ada di Kabupaten Bekasi, hadir pada acara tersebut.

Baca juga : Lawan Persebaya, Pato Janji Nambah Koleksi Gol

Dalam kegiatan ini peserta diberikan pemahaman pengelolaan sampah organik yang saat ini sudah menjadi hal yang krusial untuk segera dilakukan. Sampah organik disebut-sebut menyumbang kontribusi 60% dari total sampah rumah tangga, dimana jenis sampah seperti ini menghasilkan gas metana yang dapat menghasilkan gas efek rumah kaca yang mengancam lapisan ozon.

Ketua Forum Bank Sampah Kabupaten Bekasi, Muhammad Suhapli mengatakan, bahwa pemahaman masyarakat mengenai pengelolaan sampah organik perlu lebih ditingkatkan. Tidak hanya sampah anorganik seperti plastik dan sebagainya, sampah organik perlu dikelola lebih baik lagi agar tidak menjadi sumber ancaman kelangsungan lingkungan hidup.

Baca juga : Membaik, Beckham Bakal Turun Saat Persib Hadapi PSS Sleman

“Melalui bank-bank sampah unit yang ada di Kabupaten Bekasi ini, kami berharap agar kegiatankegiatan peningkatan kesadaran akan pengelolaan sampah, termasuk sampah organik, bisa sering dilakukan, supaya persoalan sampah dan lingkungan hidup bisa teratasi. Karena persoalan yang terjadi hari ini bukan masalah sampah, tapi persoalan di pengelolaan sampahnya,” terangnya.

Sementara itu, Radita A. Wicaksana, Jakarta Operation Corporate Affairs Manager CCEP Indonesia menuturkan bahwa persoalan sampah memang harus dimulai terlebih dahulu dari pola pikir yang kemudian diubah menjadi perilaku kelola sampah yang baik. Melalui kegiatan edukasi pengelolaan sampah yang dilakukan Forum Bank Sampah Kabupaten Bekasi seperti ini, penting untuk meningkatkan kesadaran tata kelola sampah.

Baca juga : Jamu Singo Edan, Bali United Siap Beri Kejutan

“Dalam kesempatan ini turut diserahkan tong komposter sebagai penambah semangat pengelolaan sampah dari level rumah tangga kepada para peserta yang hadir,”pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.