Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rayakan Hari Jadi Sharp Corporation ke 110, Sharp Indonesia Tanam Ribuan Bibit Pohon

Jumat, 16 September 2022 06:31 WIB
Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka, Secara simbolis menanam bibit pohon
Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka, Secara simbolis menanam bibit pohon

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada tanggal 15 September 2022, Sharp Corporation memperingati hari jadinya yang ke – 110 tahun. Tepat di tanggal ini 110 tahun silam pada tahun 1912, Tokuji Hayakawa, pendiri Sharp, mendirikan toko pengerjaan logam di Tokyo. Kemudian berinovasi melahirkan ‘Pensil Sharp’ sebuah pensil mekanik tipe twist yang selanjutnya menjadi asal mula nama merek korporasi hingga sekarang.

Sebagai bentuk simbolis akan kontribusi Sharp untuk masa depan. Tepat di hari jadinya ke 110 tahun PT Sharp Electronics Indonesia melakukan program penanaman 11.000 pohon di lahan seluas 30 KM sepanjang aliran sungai Citarum desa Wadas, Sungai Cibeet desa Parungsari, Sungai Citarum Desa Adiarsa dan lokasi pegungan Loji kecamatan Tegal Waru. Penanaman 11.000 pohon terdiri dari 3 jenis pohon, yaitu Mahoni sebanyak 4.000 pohon, Sengon sebanyak 3.000 pohon dan Akasia sebanyak 4.000 pohon.

Baca juga : Tingkatkan Layanan, Pupuk Indonesia Luncurkan Program Single Responsibility

Secara simbolik penanaman pohon ini di lakukan di daerah aliran sungai Citarum Karaba, Desa Wadas, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Karawang. Dihadiri langsung oleh presiden direktur Sharp Indonensia, Shinji Teraoka, Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati, Kepala Dinas Sosial Kabupaten karawang, Drs. Ridwan Salam, Sekertaris Dinas BPBD, H. Dadang Taufiq dan KASDIM Komando Distrik Militer 0604 Karawang Mayor Infanteri Jaja Jamaludin sukses menanam 110 pohon sebagai aksi nyata dalam melindungi wilayah aliran sungai dari bahaya longsor dan banjir.

Menjadi bagian dari kampanye #baktiuntuknegeri, pada program ini Sharp Indonesia menggandeng Human Initiative dan berkolaborasi bersama komunitas dan masyarakat karawang. Setiap 1 pohon yang tumbuh besar nantinya akan mampu memproduksi oksigen sekitar 130 kg pertahun jika di konversikan secara total maka pohon-pohon ini akan menghasilkan oksigen sebanyak 1.430.000 kg atau setara 1.430 ton.

Baca juga : Rayakan Hari Anak Nasional, Ini 4 Ide Kegiatan Seru Bersama Keluarga

Tidak terhenti pada kegiatan penanaman, Sharp bersama Human Initiative melibatkan beberapa komunitas lingkungan dan masyarakat Karawang memantau perkembangan pohon – pohon tersebut yang diperkirakan jika pohon ini berusia dewasa akan mampu menyerap karbon sebanyak 264.338 Ton. Selain berfungsi menyerap karbondioksida dan mensuplai oksigen, pohon –pohon ini akan berfungsi sebagai pengikat tanah guna menghindari bencana banjir dan longsor. “Dimana penanaman di daerah aliran sungai merupakan program pemerintah daerah untuk menghindari dampak buruk aliran sungai pada musim penghujan yang dapat merugikan masyarakat sekitar,” jelas Kepala Dinas Sosial Kabupaten karawang Ridwan Salam.

Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka dalam keterangan tertulisnya pada media, kemarin (15/9) mengatakan, Sharp secara aktif telah melakukan penanaman pohon di seluruh Indonesia sejak tahun 2010 silam melibatkan yayasan nirlaba, karyawan, pelajar dan masyarakat setempat. Sharp telah menanam lebih dari ratusan ribu pohon guna membantu penyerapan air ke dalam tanah dan mengurangi laju perubahan iklim. Selain program tersebut dalam rangka perayaan hari jadinya yang ke-110, Sharp pun menggelar beragam promo penjualan seperti Sharp Aquos Game Competition, Sharp Lovers Day – Super Untung, program vaksinasi Sharp Ada Untukmu dan masih banyak lagi.

Baca juga : Bantu Warga Sekitar, Poros Muda Indonesia Kurban 1 Sapi Dan 2 Kambing

“Kami berharap melalui program-program ini, Sharp di Indonesia dapat memberikan dampak positif terhadap pelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat khususnya Karawang sebagai lokasi operasional Sharp”, pungkas Shinji Teraoka.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.