Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sandi Buka Tumbuh Festival, Bazar Kuliner yang Tingkatkan Kualitas UMKM

Jumat, 11 November 2022 23:55 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno dan Co-Founder dan CEO Yuk Group Kiki Puspita Sari. (Foto: Istimewa)
Menparekraf Sandiaga Uno dan Co-Founder dan CEO Yuk Group Kiki Puspita Sari. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membuka Tumbuh Festival yaitu bazar kuliner, talkshow, dan musik fest, di Senayan Park Mall, Jakarta, Jumat (11/11). Sandi mengapresiasi Tumbuh Festival digelar oleh komunitas Yuk Tumbuh bersama, karena mampu meningkatkan kualitas UMKM.

“UMKM adalah tulang punggung perekonomian dan merupakan pahlawan ekonomi Indonesia dengan kontribusinya mencapai 61 persen terhadap PDB 2021. Semakin banyak UMKM yang dapat menghasilkan produk ekonomi kreatif dengan memanfaatkan sumber daya lokal dalam rangka penciptaan peluang usaha dan lapangan kerja baru," ucapnya.

Baca juga : Prodia Healthy Fun Festival Ajak Publik Pertahankan Gaya Hidup Sehat  

Tumbuh Festival digelar komunitas Yuk Tumbuh Bersama yang didirikan Prilly Latuconsina dan timya untuk meningkatkan pelaku usaha kecil yang ingin mengembangkan usaha, mengalami kendala permodalan dana, dan cara memasarkan produk yang kerap dikeluhkan pedagang kecil. Komunitas Yuk Tumbuh Bersama berdiri awan 2022 untuk mengembangkan usaha pelaku UMKM. Antusiasme UMKM yang mau bergabung sangat besar. Selama Februari-Maret 2022, pelaku UMKM yang ingin masuk Komunitas Yuk Tumbuh Bersama tercatat ada 3.000 yang mendaftarkan diri. Tetapi kemudia tim menginagurasi menjadi 50 pelaku UMKM di tahap pertama.

Menurut Kiki Puspita Sari, Co-Founder dan CEO Yuk Group, pelaku UMKM Komunitas Yuk Tumbuh Bersama diberikan pelatihan dari mulai pelayanan, kebersihan, sampai pengemasan produk agar lebih menarik pasar secara gratis. “Selanjutnya Yuk Group menggelar Tumbuh Festival ini yaitu Bazar Kuliner ini untuk lebih mengenalkan ke-50 produk UMKM dan juga membuka peluang kepada masyarakat yang tertarik jadi mitra usaha," terang Kiki Puspita Sari.

Baca juga : Keberadaan Perpustakaan Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Untuk para UMKM kuliner Indonesia yang belum berkesempatan mengikuti Komunitas Yuk Tumbuh Bersama kali ini, manajemen memberikan sinyal hijau untuk pembukaan batch selanjutnya setelah program di batch pertama selesai. “Kami menyambut baik antusias dari para pelaku UMKM ini. Program komunitas ini akan terus dilanjukkan agar bisa membantu lebih banyak membantu pelaku UMKM di seluruh Indonesia," terang Kiki Puspita Sari.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.